PERESMIAN GEDUNG PKM FT OLEH REKTOR UNY

18
Oct
2010

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Ormawa FT UNY , Rabu (13/10) diresmikan oleh Rektor UNY Prof. Dr.Rochmat Wahab, MPd, M.A. Hadir pada acara yang sekaligus tasyakuran penyelenggaraan FKT program baru  ke 29 FT-UNY tersebut, para Pembantu Rektor, para Dekan di lingkungan UNY, mantan dekan FT-UNY, pimpinan FT, anggota senat, pengurus jurusan, pendamping kemahasiswaan dan para ketua  ormawa di lingkungan FT-UNY. Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.A, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ruangan gedung dari lantai satu hingga lantai 3.

Menurut Dekan FT, Wardan Suyanto, Ed.D, gedung PKM senilai 1,2 Milyar ini memiliki tiga lantai, dibangun dengan dana PNBP  yang dilakukan selama dua tahap yaitu tahun 2009 dan 2010. Selama ini fasilitas untuk mahasiswa FT-UNY dalam menjalankan dan mengelola organisasi kemahasiswaan baik BEM, BPM, HIMA dan UKM-UKM dirasa masih sangat minim terutama ruang kerja bagi para aktivis tersebut. Kantor -kantor BEM, BPM, HIMA dan UKM-UKM masih tersebar di sudut sudut gedung yang  peruntukan awalnya  bukan untuk kantor sehingga saat diubah menjadi ruang kerja kurang representatif. “Dulu dengan fasilitas yang masih minim saja mahasiswa FT-UNY mampu menjadi salah satu tulang punggung UNY dalam mencapai prestasi baik di tingkat universitas maupun nasional melalui ajang PIMNAS, Kontes Robot Indonesia dan lainnya, seperti  olahraga maupun seni budaya. Apalagi dengan adanya gedung baru diharapkan lebih meningkatkan prestasi mahasiswa FT-UNY”, ujarnya

Wardan pada kesempatan tersebut juga menjelaskan  sejarah berdirinya FT -UNY yang semula bernama FKT. FKT Fakultas Keguruan Teknik  dimulai sejak tahun 1956, diselenggarakan oleh UGM,  dengan dua jurusan Teknik Mesin dan jurusan Bangunan. Pada tahun 1961 FKT berubah menjadi FKIP bagian teknik yang masih menjadi bagian dari UGM. Baru dua tahun kemudian berdasar  SK Menteri PTIP 1963 didirikan  IKIP yang sekarang dikenal dengan nama UNY.  Jelas Wardan, FKT Program baru sebagai cikal bakal FT saat ini  merupakan hasil bantuan proyek Bank Dunia berupa semua gedung dan peralatannya yang peresmiannya dilakukan oleh Presiden Suharto pada tangal 14 oktober 1981.  Sehingga tanggal inilah yang dijadikan sebagai peringatan berdirinya FT-UNY. Dekan FT tersebut menegaskan FT di tahun yang ke 29 ini akan terus  meningkatkan berbagai fasilitas yang ada, meng-upgrade berbagai fasilitas baik gedung, peralatan laboratorium bengkel dan fasilitas pendidikan lainnya untuk mencapai lulusan yang bernurani, cendekia, mandiri dan profesional.

Rektor UNY pada sambutannya menyampaikan  ucapan selamat dan terimakasih kepada Dekan FT-UNY Wardan Suyanto, Ed.D beserta seluruh jajarannya atas selesainya pembangunan Gedung PKM  dan peran FT pada tingkat universitas sebagai pelopor untuk sertifikasi ISO 9000, sistem presensi wajah bagi dosen karyawan UNY dan SDM-SDMnya yang sangat berperan di tingkat universitas , nasional bahkan internasional. Rektor juga berpesan agar FT terus meningkatkan kualitas dan kaderisasi SDMnya karena 5 - 10 tahun ke depan banyak tenaga akademik guru besar dan dosen senior yang sekarang menjadi tumpuan, akan memasuki masa pensiun secara bersamaan.  Kepada mahasiswa, Rektor berpesan agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan mahasiswa diharapkan mampu menjaga kemegahan, kesucian dan kebersihan gedung PKM, menghindarkan aktivitas-aktivitas yang tidak terpuji baik di dalam gedung maupun di luar gedung PKM.

Sementara Humas FT UNY, menjelaskan gedung PKM  lantai satu diperuntukkan untuk hall dan kantor BEM, kantor UKM dan gudang. Lantai 2 diperuntukkan kantor HIMA dan lantai 3 sebagai kantor BPM ruang rapat dan  hall. (noor/ls)

Share it now!
Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Ormawa FT UNY , Rabu (13/10) diresmikan oleh Rektor UNY Prof. Dr.Rochmat Wahab, MPd, M.A. Hadir pada acara yang sekaligus tasyakuran penyelenggaraan FKT program baru  ke 29 FT-UNY tersebut, para Pembantu Rektor, para Dekan di lingkungan UNY, mantan dekan FT-UNY, pimpinan FT, anggota senat, pengurus jurusan, pendamping kemahasiswaan dan para ketua  ormawa di lingkungan FT-UNY. Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UNY Prof." data-share-imageurl="https://www.uny.ac.id/sites/www.uny.ac.id/files/field/image/P1030121_0.jpg">
submitted by humas