PIMNAS 2011 UNY LOLOS 8 PROPOSAL

4
Jul
2011

Pada penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2011 di Universitas Hasanuddin Makassar, 19-23 Juli mendatang, UNY berhasil meloloskan 8 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan 3 karya tulis penunjang. PKM yang lolos adalah PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 3 karya, PKM Penelitian (PKMP) 3 karya, dan PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 2 karya. Sedangkan  untuk karya tulis penunjang meliputi bidang kemaritiman, bidang kewirausahaan, dan bidang lingkungan.

Pembantu Rektor III, Prof. Dr. Herminarto Sofyan mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun lalu untuk jumlah PKM yang lolos PIMNAS tahun 2011 menurun yaitu dari 11 menjadi 8 PKM. Hal ini karena kriteria dan saingan yang makin banyak dari perguruan tinggi lain. Dari sekian banyak karya hanya 350 proposal yang akan dipresentasikan pada PIMNAS 2011 yang diikuti perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

”UNY sudah mempersiapkan ajang tersebut dengan melakukan training center bagi mahasiswa peserta PIMNAS. Perjuangan semakin berat karena dari 8 tim hanya 2 orang saja yang pernah ikut PIMNAS sehingga perlu pembinaan lagi,” lanjutnya.

Ditambahkan, UNY tetap akan mempertahankan prestasi tahun lalu yaitu menjadi juara umum ke-3 walaupun terasa berat karena proposal-proposal yang diunggulkan dan punya perspektif serta mengangkat isu-isu yang bagus ternyata tidak lolos.

Untuk bidang PKMM salah satu proposal yang lolos seleksi berjudul Pengembangan Briket Limbah Jamur Tiram (Pleurotes Sp.) sebagai Alternatif Bahan Bakar untuk Peningkatan Ekonomi Kelompok Agribisnis Jamur ”SAE” di Desa Wijirejo Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
Untuk bidang PKMP salah satu proposal berjudul Pengembangan Sel Surya Berpewarna Tersensitisasi (Dye-Sensitized Solar Cell) dengan Senyawa Morin dari Limbah Gergajian Kayu Nangka (Artocarpus hiterophyllus L.)

Sedangkan untuk bidang PKMT salah satu proposal berjudul Portable Digester System Sebagai Reaktor Biogas yang Praktis dan Mudah Dipindahkan (wit)

Share it now!
Pada penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2011 di Universitas Hasanuddin Makassar, 19-23 Juli mendatang, UNY berhasil meloloskan 8 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan 3 karya tulis penunjang. PKM yang lolos adalah PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 3 karya, PKM Penelitian (PKMP) 3 karya, dan PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 2 karya. Sedangkan  untuk karya tulis penunjang meliputi bidang kemaritiman, bidang kewirausahaan, dan bidang lingkungan." data-share-imageurl="https://www.uny.ac.id/sites/www.uny.ac.id/files/field/image/hermin.preview.jpg">
submitted by humas