PKM UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT

8
Sep
2017

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi kompetisi nasional yang kerap menjadi ajang adu gengsi antar perguruan tinggi (PT) di Indonesia. Tingkat kemajuan pendidikan PT diukur dari seberapa sukses pencapaian mereka dalam PKM. Oleh karena itu, setiap PT berlomba-lomba menyiapkan yang terbaik saat PKM menjelang. Tak terkecuali Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang Rabu (30/8) lalu menyelenggarakan Pelatihan PKM 5 Bidang di kampus setempat. Pelatihan ini menghadirkan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY yang tak jarang menjadi juri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Sukinah, M.Pd., dan Endra Murti Sagoro, M.Sc., dosen FE UNY yang pernah mengantar UNY meraih emas di ajang PIMNAS 2015 lalu.

Dalam kesempatan ini, hadir segenap dosen yang menjadi pembimbing kelompok PKM serta beberapa perwakilan mahasiswa. Dekan FE UNY, Dr. Sugiharsono, M.Si dalam sambutannya menekankan bahwa penelitian mahasiswa hendaknya ditujukan sebesar-besarnya untuk memajukan masyarakat. “Inovasi yang dilakukan harus bermuara untuk kesejahteraan rakyat,” pesannya.

Sukinah menjelaskan, mahasiswa harus memahami karakteristik dan perbedaan tiap PKM. Program yang bermuara ke PIMNAS adalah PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian pada Masyarakat), PKM-T (Teknologi), PKM-KC (Karsa Cipta), dan PKM-GT (Gagasan Tulis), sedangkan PKM-AI (Artikel Ilmiah) akan berlanjut ke jurnal kreativitas mahasiswa. Memahami perbedaan substansi setiap jenis PKM, akan membantu meraih kesuksesan.

“Pemicu ide ada di mana-mana. Yang dibutuhkan adalah sikap mental yang kondusif dan kebiasaan mengamati situasi sekitar. Baca dan pahami buku panduan yang disediakan. Pelajari aturan ‘yang diizinkan’ dan ‘yang tidak diizinkan’. Misal, jumlah halaman, sumber penulisan, maupun format dan sistem penulisan yang telah ditetapkan,” tambah Sukinah.

Pada 2017 ini, UNY meloloskan 17 PKM yang tampil di ajang PIMNAS ke-30 di di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Agustus kemarin. Pada even tersebut, UNY meraih dua emas, satu perunggu, dan tiga juara favorit. UNY berhasil menempati peringkat 10 dari 89 perguruan tinggi yang terdaftar sebagai peserta. (fadhli)

 

Tags: 
submitted by humas