PKO FIK LAKSANAKAN KEGIATAN PKKM

1
min read
A- A+
read

KEGIATAN PKKM

Berada dibawah Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Kemendikbudristek). Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) merupakan upaya percepatan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM). PKKM juga diharapkan dapat mendorong transformasi dan inovasi perguruan Tinggi pada basis Prodi agar pembelajaran Kampus Merdeka dapat terlaksana dan mendorong tercapainya Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PT).

Prof. Nizam selaku Dirjen Dikti Riset dan Teknologi berharap dengan adanya PKKM akan terjadi sinergi antara kampus dan mitra kampus untuk menyiapkan mahasiswa menjadi profesional kelak sesuai bidang keahlianya. Saat ini sudah terdapat 142 Perguruan Tinggi yang lulus seleksi mengikuti PKKM dengan rincian 31 PT dan 85 Prodi (Liga I), 46 PT dan 102 Prodi (Liga II), 65 PT dan 97 Prodi (Liga III).

Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY menjadi salah satu prodi yang terpilih menjalankan program PKKM. Selain PKO, ada 2 Prodi lainya yang terpilih yaitu Prodi Kimia (FMIPA) dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (FBS). Beberapa kegiatan dilaksanakan oleh PKO sebagai bagian dari PKKM seperti Startup, Magang dan Praktisi.

Kegiatan Startup yang diikuti oleh 15 tim dengan anggota satu tim berkisar antara 3- 5 orang mahasiswa bermaksud untuk melatih mahasiswa dalam berwirausaha secara digital. Proses pendaftaran hingga training camp kegiatan startup ini berlangsung 21 Juli- 7 agustus.
Berkaca pada situs jual beli online yang sudah terkemuka seperti Shopee, lazada, Tokopedia, Bukalapak, mahasiswa diharapkan dapat memiliki ide kreatif untuk menawarkan barang atau jasa secara online melalui marketplace yang mereka ciptakan sendiri. Barang atau jasa yang dapat ditawarkan juga beragam macamnya seperti jasa untuk analisis pertandingan, jasa penghubung antar Club, masase dan masih banyak lagi. Untuk produk, mahasiswa dapat berlatih menjual alat- alat olahraga atau baju- baju olahraga secara online.

Selain Startup terdapat pula kegiatan lain dalam program PKKM ini yaitu Magang yang dimulai Sejak awal Juli. Dengan mengikuti program magang mahasiswa dapat merasakan langsung seperti apa dunia kerja dan nantinya bisa lebih siap menghadapinya. Untuk Mahasiswa PKO magang dilakukan di dunia usaha dan industri olahraga, Club dan sekolah- sekolah. Selama mengikuti magang, banyak hal yang bisa dipelajari oleh mahasiswa misalnya tentang analisi pertandingan, manajemen dan pengelolaan admistrasi, proses produksi, pemasaran, kepelatihan, dan pembinaan.

Kegiatan magang kali ini diikuti oleh 21 Mahsiswa yang nantinya akan tersebar di tujuh lokasi magang meliputi 4 lokasi di Yogyakarta dan 3 di luar Yogyakarta. Beberapa tempat yang dijadikan tempat magang bagi para mahasiswa PKO yang berada di Yogyakarta antara Lain KONI DIY, PSS Development Center, Stadion Maguwoharjo, dan Celebrity Fitness Jogja. Lokasi Magang di luar kota Yogyakarta yaitu PT Lestarindo di kota Boyolali yang bergerak dibidang manajemen lapangan, PT Bina Busana Internusa (BBI) di kota Semarang dan IBL (Indonesia Basketball League) dibawah PP Perbasi, Jakarta.

Untuk kegiatan Praktisi, PKO menggandeng beberapa mitra dari  beberapa perusahaan ternama untuk menghadirkan para ahli dibidangnya seperti dari Fist Sport Nutrition Consulting, Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), PT Indonesia Sport Venture, PSS Development Center, PT Bola Basket Indonesia, Kartika Dewi dan Sekolah Sukan Bukit Jalil.

Kuliah dengan mendatangkan praktisi ini berlangsung mulai 12 Juli- 31 Agustus dengan menghadirkan 2 praktisi dalam satu mata kuliah. Dengan menghadirkan praktisi dari berbagai dunia usaha dan industri ini, diharapkan para mahasiswa dapat menambah wawasan keilmuanya, meningkatkan pengalaman dan dapat praktek langsung pada ahlinya. (Khairani Faizah)