PRODI AKUNTANSI PROGRAM DIPLOMA KEMBALI REAKREDITASI

11
Mar
2019

Dalam rangka pelaksanaaan akreditasi tahun 2019 Prodi Akuntasi Program Diploma III, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta kembali melakukan reakreditasi pada tahun 2019, penyambutan dipimpin langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd pada Rabu (6/3) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat UNY.

Tim Asesmen Lapangan terdiri dari Prof. Dr. Djoko Suhardjono, M.Com (Hons), Ak, Ph.D (Universitas Negeri Surakarta) dan Dr. Efrizal Syofyan, SE, M.Si (Universitas Negeri Padang), ditunjuk sebagai tim asesor dari BAN-PT melakukan akreditasi pada Prodi Akuntansi Program Diploma III FE UNY, sesuai dengan surat tugas nomor : 583/BAN-PT/SPT-AK/A/2019.

Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd dalam sambutannya mengatakan UNY mempunyai 63 prodi yang sudah berkareditasi A, total kami di UNY mempunyai 102 Program Studi dari jenjang pendidikan Diploma, Pendidikan S1 hingga pendidikan S3, dan kami akan terus meningkatkan dan yang lain diharpakan menyusul meningkat, kami mempunyai beberapa prodi yang masih berakreditasi C dikarenakan prodi baru, ada sekitar 4 prodi baru yang izinnya baru turun.

“Kami mohon saran dan masukkannya kepada bapak tim asesor, karena biasanya kalau kami melihatnya sudah bagus, tapi begitu dari pihak luar melihatnya akan terlihat membutuhkan masukan dan sarannya, yang terpenting adalah usaha kita dalam meningkatkan kualitas sehingga terus ada peningkatan dari tahun ke tahun“, ungkap Sutrisna Wibawa.

“Prodi Akuntasi Program Diploma III yang sejak awal berada di kampus UNY Wates, juga rencanannya akan disusul prodi-prodi diploma lainnya bergabung di kampus Wates, karena selama ini masih bercampur antara pendidikan vokasi (diploma) dengan akademik, sehingga masih dipersiapkan secara bertahap laboratoriumnya, sehingga muai terkondisi jenjang pendidikan vokasi dan akademiknya”, lanjut Sutrisna Wibawa.

“Kami juga ada rencana membuka pendidikan vokasi di Gunungkidul, karena dari pemerintah daerahnya menawarkan kepada UNY, dan sudah kami laporkan ke Menristekdikti dan nanti tinggal bagaimana mewujudkannya, karena dengan mewujudkan ini sama juga  meningkatkan pendidikan vokasi dari sisi kualitas maupun kuantitas”, tambah Sutrsina Wibawa.

Prof. Dr. Djoko Suhardjono, M.Com (Hons), Ak, Ph.D salah satu tim asesor BAN-PT dalam sambutannya menjelaskan, ada beberapa yang perlu diklarifikasi karena ada beberapa yang tidak jelas atau tidak konsisten. “Semua soal ujian sudah bagus, tetapi ada satu item yang tidak sama antara kami berdua tim asesor, sehingga setelah konsultasi dengan Dewan Eksekutif dan diketahui ada kesalahan sistem kami diminta melakukan renkonsiliasi dan validasi lagi”, jelas Djoko Suharjono.

Djoko Suharjono menambahkan, kami mohon kerjasamanya sehingga kegiatan ini bisa lancer dan mohon izin akan meninjau lokasi di kampus UNY Wates, nanti saya yang akan berada di borang 3b dan Pak Erwandi berada di borang 3a, karena menurut info dokumennya ada di kampus karangmalang dan programnya ada di kampus Wates”, kata Djoko.

Turut serta hadir mendampingi Rektor UNY dalam penyambutan tim Assesor BAN-PT, jajaran Wakil Rektor, Dekan Fakultas Ekonomi, Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi, Kepala Jurusan Pendidikan Akuntasi, Kepala Prodi Diploma Akuntansi, kepala Biro AKI, jajaran Kepala Bagian dan Kepala Subbag di lingkungan Akademik dan Informasi. (Arbima)

submitted by humas