PROF. SUGIYONO PENULIS BUKU TERBANYAK BIDANG PENELITIAN

16
Nov
2018

Prof. Dr. Sugiyono, Guru Besar Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dinobatkan sebagai Penulis Buku Terbanyak di Indonesia pada bidang Metode Penelitian oleh Persaudaraan Dosen Rebublik Indonesia (PDRI). Dalam keterangannya disebutkan bahwa ada 16 buku bidang penelitian yang kerap dijadikan rujukan oleh banyak mahasiswa baik jenjang S1, S2 dan S3 di seluruh Indonesia. Selain tentang penelitian, Prof. Sugiyono juga aktif menghasilkan buku bidang fabrikasi, manajemen diklat dan tema-tema kependidikan lainnya.

Buku-buku metode penelitian hasil karyanya sering menjadi literatur dalam mengerjakan karya ilmiah oleh dosen dan mahasiswa karena mudah dipahami. Berebrapa karya Prof. Dr. Sugiyono diantaranya adalah “Metode Penelitian Kualitatif”, “Statistik Non-Parametris untuk Penelitian”, “Metode Penelitian Pendidikan”, “Metode Penelitian Tindakan Komprehensif”, “Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL”, “Metode Penelitian Kebijakan”, “Statistika untuk Penelitian”, “Metode Penelitian dan Pengembangan”, “Metode Penelitian Kualitatif”, “Metode Penelitian Administrasi”, “Metode Penelitian Kombinasi” dan lain-lain.

Menurut Prof. Sugiyono, rendahnya kualitas sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh penyelenggaraan dan hasil pendidikan dari berbagai jalur, jenjang serta jenis  pendidikan yang belum memadai.

“Rendahnya kualitas penyelenggaran dan hasil pendidikan antara lain disebabkan pembuatan kebijakan, pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi yang tidak didasarkan dari hasil penelitian yang memadai,” ujar dosen yang juga menjabat sebagai Kaprodi S2 dan S3 Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana UNY ini.

“Dalam meningkatkan kualitas pendididkan tentu hasil penelitian memegang peranan yang sangat penting dan untuk memastikan penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat,” lanjut Asesor BAN PT ini.

Latar belakang itulah yang menjadi concern Prof. Sugiyono sehingga memproduksi bamyak buku tentang penelitian. (hryo)

Tags: 
submitted by humas