PROGRAM AWARDEE LDPD UNY MENGAJAR DI MITRA DESA BINAAN

1
min read
A- A+
read
PROGRAM AWARDEE LDPD UNY MENGAJAR DI MITRA DESA BINAAN

 

Berbekal motivasi untuk mengabdi yang tinggi dari para awardee-nya, Kelurahan LPDP UNY meluncurkan program Awardee LDPD UNY Mengajar. Program ini diharapkan menjadi program unggulan dari kelurahan LPDP UNY. RW 03, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Yogyakarta dipilih sebagai mitra desa binaan. Program ini dilaksanakan dengan dana swadaya dari para awardee LPDP UNY.

Pertemuan ke-1 dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juli 2019 di kantor RW 03 Desa Ngampilan. Adik-adik di Kelurahan Ngampilan yang hadir sejumlah 24 anak yang memiliki latar belakang pendidikan beragam, mulai dari yang masih belajar di TK sampai dengan SMP. Acara dibuka dengan perkenalan antara adik-adik di Kelurahan Ngampilan dilanjutkan dengan para awardee LPDP UNY yang hadir. Setelah perkenalan dilanjutkan dengan kegiatan mendongeng dari Diah Susanti, S-2 Prodi PGSD 2018. Dongeng mengisahkan tentang Edo yang selalu menunda-nuda sholat sampai tertidur yang akhirnya menyesal dilihatkan neraka dalam mimpinya. Adik-adik merasa terhibur dengan cerita dongeng yang disajikan dengan kata-kata gaul yang kekinian.

Lurah LPDP UNY, Febrika Yogie Hermanto, S-2 Prodi Pendidikan Ekonomi 2018 melalui Koordinator bidang Pengabdian Masyarakat Cindi Ambar Puspitasari, S-2 Prodi Pendidikan  Anak Usia Dini 2018, mengatakan bahwa untuk tahap awal pelaksanaan kegiatan ini direncanakan selama 3 bulan ke depan dengan harapan para awardee juga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk menambah rasa kepedulian dan kewajiban awardee selain menjalankan tugas di perkuliahan. Kegiatan pembelajaran yang akan dijalankan nantinya berisi mendogeng, belajar berhitung, belajar bahasa inggris, role play, membimbing adik-adik mengerjakan PR, kaderisasi, dan lain-lainnya. Harapannya jika program ini berakhir, adik-adik yang lebih tua dapat menjadi kader-kader dalam membimbing adik-adiknya mengisi jam belajar masyarakat menjadi lebih produktif lagi.

Mulyono, Ketua RW 03 merasa senang dengan adanya kegiatan ini karena jam belajar masyarakat menjadi kembali aktif. Beliau juga meminta agar program ini dapat dilakukan setiap hari dan adik-adik diajari mengerjakan PR.

Bu Umi selaku penggerak PKK juga menyampaikan rasa terimakasih buat awardee LPDP UNY yang bersedia membantu mengaktifkan kembali JBM (Jam Belajar Masyarakat) yang sempat tidak aktif beberapa bulan, di harapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat di sekitar menjadi antusias serta anak-anak usia sekolah menjadi semangat untuk belajar.

Hilma, Siswi kelas 6 SD, Salah satu peserta program Awardee LDPD UNY merasa senang adanya program ini karena dapat belajar sambil bermain.(Ranu Iskandar)