PT AUTOCHEM INDUSTRY KUNJUNGI UNY

2
min read
A- A+
read

PT AUTOCHEM INDUSTRY KUNJUNGI UNY

Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. disela-sela waktu berolahraga main tenis meja (Jum’at, 28/5) bersama dengan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. dikejutkan dengan rombongan dari PT Autochem Industry selaku pemegang brand Master dan Prestone di Indonesia. Rombongan dari Prestone dipimpin oleh Iwan Purnama selaku Direktur Marketing PT Autochem Industry dengan didampingi Richard Joe Kepala Cabang Yogyakarta dan Heri perwakilan dari Semarang.  Sedangkan dari UNY disamping Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama juga didampingi oleh Dr. Ir. Zainal Arifin, M.T. dan Dr.  Sutiman, M.T. dari Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif S-1 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Rombongan PT Autochem Industry selaku pemegang brand Master dan Prestone di Indonesia ini selanjutnya diterima di Ruang Rapat Bidang IV di lantai III Gedung Rektorat Sayap Utara UNY. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Siswantoyo menyampaikan, “Dengan senang hati kami menerima kunjungan dari PT Autochem Industry. Banyak hal yang bisa dilakukan kerjasama untuk memadukan antara kampus sebagai  penghasil Iptek, perusahaan sebagai inovasi dan kita akan integrasikan dengan kampung untuk melaksanakan berbagai program kegiatan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.”

“UNY membangun desa yang merupakan salah satu program kegiatan yang kita luncurkan bersama-sama dalam rangka meningkatkan kapasitas building sumber daya manusia warga negara Indonesia dengan berkolaborasi dengan berbagai stake holders,” jelas Siswantoyo.

Lebih lanjut Siswantoyo mengatakan, “Visi UNY untuk membangun, membantu mengakselerasi dari program pemerintah, dan UNY leading in character education semoga daya saing warga masyarakat didukung dengan tridharma perguruan tinggi UNY akan bisa lebih bagus lagi, lebih cepat pertumbuhan seperti yang kita inginkan.”

“Terkait dengan PT Auchem Industry, banyak kegiatan yang akan kita sinergiskan terkait dengan karakteristik masing-masing. Salah satu  kegiatan yang akan kita luncurkan atau kita kerjasamakan terkait dengan pemberdayaan warga masyarakat desa, dengan sentuhan teknologi, sentuhan produk, dan berbagai macam inovasi yang ada. Di samping itu juga akan membantu bagaimana kita bisa bersama-sama membangun kota Yogyakarta akan lebih bisa berdaya saing, dengan harapan bisa melebihi negara Singapura dengan sistem yang terintegrasi, dengan kolaborasi yang bersama-sama untuk berkembang dan sukses bersama,” urai Siswantoyo.

Bentuk kerjasama yang sudah terjalin PT Auchem Industry dengan UNY, sebagaimana disampaikan Siswantoyo, “Bahwa hari ini dari Prestone memberikan seperangkat alat simulator driver untuk ditambahkan sebagai kekayaan UNY dalam pengadaan perangkat laboratorium dan kegiatan lain seperti praktisi menjadi dosen UNY dengan menghadirkan para pakar termasuk pak Iwan, kita agendakan sebagai dosen praktisi yang mengajar kepada mahasiswa kita agar memiliki experience, dan memiliki quality. Sehingga dengan integrasi PT Auchem Industry dengan UNY, kita akan mendapatkan beberapa taktis strategis antara lain good service, experience, dan quality maka lembaga UNY, sebagai lembaga institusi wajib menjaga kualitas. Dan program yang  lain yang sudah disinergiskan.”

Tujuan diadakan kerjasama menurut Iwan adalah win-win-win.  “Sebetulnya tujuan diadakan kerjasama ini  adalah menciptakan win-win-win, kalau saya katakan 3 win. Win yang pertama adalah win untuk masyarakat, kita bekerja tidak hanya untuk internal perusahaan, tetapi bagaimana masyarakat merasakan dampaknya. Win yang kedua adalah perguruan tinggi, perguruan tinggi membutuhkan banyak sekali riset, banyak sekali percobaan, sebagai lembaga perusahaan harus berkolaborasi dengan perguruan tinggi, untuk melakukan pengembangan,dsbnya. Win yang ketiga tentunya buat kita (perusahaan), kalau ada hasilnya untuk pengembangan produk.”

Ketika disinggung tentang prospek lulusan UNY akan ditampung di perusahaan Prestone, Iwan menjawab secara demokratis, “Saya lebih menekankan untuk membicarakan tentang bisnis model, bagaimana lulusan dari UNY ini bisa menciptakan lapangan kerja. Sebenarnya kita itu kaya, pola pikir anak-anak kita itu lulus kerja, lulus kerja,  itu yang  perlu diubah.”

“Terima kasih PT Auchem Industry yang pada setiap event selalu mendukung kami, salah satunya mobil Garuda UNY bertanding diberbagai event dan menjuarai dengan berbagai label, yang salah satu sponsornya dari Prestone, “ucap Siswantoyo dengan bangganya.

Dr. Ir. Zainal Arifin, M.T. menambahkan pula bahwa Simulator yang berguna untuk  penyetelan kendaraan dan sebagainya. Semalam sudah datang alat simulator yang dihibahkan dari Prestone, sekarang sudah berada di Jurusan Otomotif. Secara resmi akan diserahkan dari Prestone diwakili Iwan, ke Dekan Fakultas Teknik UNY. (Sud).