RANCANGAN PENELITIAN BERSAMA FT UNY-FTVE UTHM DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER

11
Feb
2019

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengirimkan tiga dosen sebagai dosen tamu di Faculty of Technical and Vocational Education (FTVE), Universiti Tun Hussein Onn Malaysia selama kurang lebih tiga bulan November 2018 hingga Februari 2019. Ketiga dosen ini adalah Prof. Sutarto, Ph.D., dari Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Rustam Asnawi, Ph.D., dari Pendidikan Teknik Elektro dan Nur Khamid, Ph.D., dari Pendidikan Teknik Elektronika.

Selain mengajar mereka juga terlibat dalam berbagai project penelitian, salah satunya adalah yang melibatkan Prof. Sutarto, Ph.D dengan Prof. Dr. Maizam Binti Alias dari UTHM tentang pengembangan karakter.

Prof. Sutarto, Ph.D menjelaskan bahwa hasil diskusinya dengan Prof. Maizam menyepakati setidaknya ada dua judul penelitian bersama.  “Yang pertama adalah tentang Model Pendidikan Karakter,” terang Sutarto.

“Sedangkan yang kedua adalah rancangan isi Pendidikan Kewirausahaan dan model pembelajarannya,” lanjutnya.

“Luaran dari penelitian kolaborasi ini untuk yg pertama menghasilkan lulusan yang takwa, mandiri, dan unggul, kreatif dan inovatif sesuai visi UNY." Yang kedua, menghasilkan lulusan FT UNY dan FTVE UTHM yang profesional di bidang pendidikan, sekaligus mampu menjadi wirausaha di bidang pendidikan, antara lain memprodiksi dan memasarkan hasil hasil inovasi pendidikan, alat bantu atau media pendidikan (hard- or soft-ware), modul, online teaching proses dan evaluasinya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapain tujuan pendidikan.

Bila FT UNY mengalokasikan dana satu jurusan satu penelitian kolaborasi luar negeri, maka selain dua judul di atas perlu dirancang judul-judul penelitian baru yang lebih spesifik tentang teknologi dan kejuruan/vokasinya  sesuai karakter masing-masing jurusan yg ada di FT. Dengan demikian kerjasama FT UNY FTVE dan UTHM perlu diintensifkan lagi untuk mewujudkan harapan tersebut, yaitu setiap jurusan menghasilkan satu judul penelitian kolaborasi luar negeri yang mewarnai keteknikan dan kejuruan/vokasinya masing-masing. (hryo)

submitted by humas