REALITY WRITING COMPETITION #6 ANGKAT TEMA PERAN GENERASI MUDA DAN PEREMPUAN

1
min read
A- A+
read
REALITY WRITING COMPETITION #6 ANGKAT TEMA PERAN GENERASI MUDA DAN PEREMPUAN

UKMF Penelitian Reality FIP Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan RWrC #6 (Reality Writing Competition) pada Jumat-Minggu, 12-14 April 2019. Kompetisi tingkat nasional ini tetap dengan format yang sama dengan tahun lalu, yakni menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Cerpen, dan Seminar Nasional. Tema yang diangkat kali ini tentu berbeda, untuk tema LKTI adalah “Peran Generasi Muda dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dan “Peran Perempuan Masa Kini” untuk tema pada Lomba Cerpen.

Rangkaian acara RWrC #6 ini dimulai pada Jumat, 12 April 2019 dengan acara technical meeting. Sabtu, 13 April 2019, sepuluh finalis terpilih untuk LKTI diundang untuk mempresentasikan karyanya di Abdullah Sigit Hall dan ditutup dengan acara farewell party di UNY Hotel pada malam harinya. Konsep vintage farewell party dengan taglineA Night With You” ini diselenggarakan untuk mengakrabkan para peserta lomba, baik LKTI maupun Lomba Cerpen. Para peserta dihibur oleh penampilan band dari UKMF Musik CAMP FIP Universitas Negeri Yogyakarta dan Swara Margasatwa.

Pengumuman juara untuk LKTI dan Lomba Cerpen dilaksanakan pada Minggu, 14 April 2019 pada akhir acara Seminar Nasional RWrC #6. Sepuluh finalis LKTI yang telah mempresentasikan karya terbaiknya dan tiga finalis Lomba Cerpen menunggu pengumuman juara yang sangat dinantikan. Untuk LKTI, juara pertama diraih oleh Selvi Sehiling dan tim dari Universitas Negeri Surabaya, juara kedua diraih oleh Cika Hilda dan tim dari IPB University, juara ketiga diraih oleh Arifin Septianto dan tim dari Universitas Negeri Sebelas Maret, juara harapan pertama diraih oleh Dian Fadilah dan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta, juara harapan kedua diraih oleh Indan Pradipta dan tim dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan kategori Best Presentation diraih oleh Nur Hidayat dari IPB University. Untuk Lomba Cerpen, Universitas Negeri Yogyakarta menyabet seluruh piala. Juara pertama diraih oleh Rizki Aningrum dengan judul “Luka”, juara kedua diraih oleh Ahmad Efendi dengan judul “Hikayat Perjuangan dari Venderland”, dan juara ketiga diraih oleh Ahmad Febriyanto dengan judul “Wanita Diantara Senja dan Gulita”. Selamat kepada para seluruh juara RWrC #6 dan sampai jumpa di RWrC #7 tahun depan! (Safira Faiz Indarti/JK)