REKTOR UNY BANGKITKAN MOTIVASI SISWA UNTUK KULIAH

8
Sep
2017

Dalam era global, kehidupan dalam suatu negara tidak dapat membatasi kekuatan informasi, inovasi, dan industri yang membentuk peradaban modern. Tantangan globalisasi sekarang di Indonesia adalah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang merupakan wujud kesepakatan negara ASEAN untuk membentuk kawasan bebas perdagangan dalam rangka menciptakan daya saing ekonomi bagi pasar regional. Untuk itu, para pelajar harus siap bersaing sekaligus membentengi diri dari pengaruh global yang kuncinya ada di kepribadian masing-masing.

Demikian dikatakan Rektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa, M.Pd dalam sarasehan pemberian motivasi bagi siswa SMAN 2 Playen Gunungkidul, di Ruang Pertemuan SMAN 2 Playen (Selasa, 5/9). Menurut Rektor, ada tiga syarat sebagai bangsa yang maju. “Kemandirian, daya saing bangsa, serta membangun peradaban yang unggul dan mulia,” jelasnya. Diungkapkan bahwa, pendidikan saat ini telah bergeser menuju paradigma baru, seperti berpindahnya fokus pada siswa dan pembelajaran yang lebih berorientasi pada kompetensi daripada isi pembelajaran. Oleh karenanya, siswa diharapkan dapat memanfaatkan waktu secara maksimal untuk belajar, baik itu pelajaran sekolah maupun potensi alam sekitar yang bisa diteliti sebagai bahan untuk berinovasi.

Sarasehan yang dihelat dalam rangka meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tersebut diikuti oleh 190 orang siswa kelas XII. Kepala Sekolah SMAN 2 Playen, Fadmiyati, M.Pd mengatakan bahwa animo siswa sekolahnya untuk menuntut ilmu di UNY meningkat. “Kehadiran Rektor UNY untuk memotivasi sangat mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dirinya,” kata Fadmiyati. Menurutnya, siswa SMAN 2 Playen banyak yang diterima di UNY melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, bahkan 5 siswa diantaranya mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Fadmiyati berharap dengan adanya sarasehan ini siswa bisa tahu bagaimana strategi dan tantangan, sekaligus termotivasi, menembus persaingan masuk perguruan tinggi. Salah satu peserta, Risda Meviana mengatakan bahwa kegiatan ini membuatnya bersemangat studi lanjut di perguruan tinggi negeri. Lain halnya dengan Puspita Putri Handayani. Siswa ini merasa terbangun dari mimpinya untuk membangkitkan potensi Gunungkidul. “Kedatangan Rektor UNY memberikan motivasi pada kami untuk tetap bisa menjalankan apa yang menjadi keinginan untuk memajukan Gunungkidul sekaligus menggapai cita-cita kami, serta menjadikan kami SDM yg berkualitas,” tutup warga Kepek 1 Wonosari tersebut. (Dedy)

 

Tags: 
submitted by humas