REKTOR UNY SEBAGAI NARASUMBER SEMINAR NASIONAL DI UNS

6
Sep
2017

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrsina Wibawa, M.Pd., menjadi narasumber dalam Seminar Nasional tentang “Kajian Mutakhir Bahasa dan Sastra dan Budaya Daerah untuk Membangun Kebhinekatunggalikaan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, Jumat (25/8) di Hotel Sahid Jaya Surakarta.

Dalam paparannya yang bertema “Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa yang Mudah dan Menyenangkan,” Rektor UNY menjelaskan bahwa pembelajaran bahasa Jawa sebenarnya sudah cukup bagus. Di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur, misalnya, ada Peraturan Daerahnya. Hanya saja, akhir-akhir ini, misalnya, pengajar terusik dengan Kurikulum 2013 yang dinilai mengesampingkan pembelajaran bahasa Jawa, sampai kawan-kawan pengajar bahasa Jawa dari UNY, UPI dan Unnes ke DPR menghadap Mendikbud.  Rektor berharap, dengan seminar nasional ini nantinya akan mendapatkan hasil yang bisa bermanfaat untuk mengembangkan nilai kebangsaan.

Sutrsina  menambahkan, beberapa sekolah menjadikan nilai bahasa Jawa lebih rendah dari bahasa Inggris, dan secara tidak sengaja menjadikan bahasa Jawa sebagai momok bagi peserta didiknya. Persoalan minat juga menjadi masalah tersendiri. Murid-murid harus didorong untuk mau belajar Bahasa Jawa. Menjadi tantangan tersendiri, bagaimana pembelajaran Bahasa Jawa menjadi menarik bagi anak-anak, sehingga mereka antusias untuk mempelajarinya. 

“Berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahasa Jawa memiliki keistimewaan Karena tidak bisa dipisahkan dari nilai-nilai kebudayaan Jawa, mengandung nilai emotif dan edukatig yang melekat di dalamnya. Sehingga, pengintegrasian pembelajaran budaya Jawa dalam Bahasa Jawa itu mutlak diperlukan,” jelasnya. Menurut Sutrsinas untuk menjadi negara maju, ada tiga syarat, yakni kemandirian bangsa, daya saing, dan membangun peradaban yang unggul dan mulia. Tugas dan peran guru Bahasa Jawa berada pada poin ketiga, untuk  daya saing perannya pada ilmu pengetahuan dan teknologi, sedang kemandirian bangsa bias berperan dalam pengembangan enterpreneurship dan nilai kebangsaan.

Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) ini berlangsung dua hari, dari tanggal 25 - 26 Agustus 2017, dihadiri oleh 75 peserta dari kalangan dosen-dosen bahasa dan sastra dari berbagai Perguruan Tinggi. Selain Rektor UNY, hadir sebagai narasumber lainnya, yaitu Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum (Unpad) dan Dr. FX Rahyono, SS, M.Hum (UI).   (Arif Budiman)

Tags: 
submitted by humas