REKTOR UNY TERIMA KUNJUNGAN DARI BUPATI GUNUNGKIDUL

1
min read
A- A+
read

REKTOR UNY TERIMA KUNJUNGAN DARI BUPATI GUNUNGKIDUL

Dalam rangka untuk meningkatkan silaturahmi dan kerja sama yang selama ini sudah terjalin erat, maka Rektor UNY pada hari Jumat (30/4) menerima kunjungan dari Bupati Gunungkidul yang baru, yaitu H. Sunaryanta beserta jajaranya.

Pertemuan yang dilakukan di Ruang Sidang Senat ini dihadiri oleh Rektor UNY beserta para Wakil Rektor yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, serta staf dari urusan Kerja Sama.

Bupati Gunungkidul dalam sambutanya menyampaikan bahwa sampai hari ini kerja sama yang sudah terjalin serta terlaksana sudah cukup banyak terutama di bidang pendidikan juga dibidang penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Disampaikan pula oleh Sunaryanta bahwa dengan adanya kampus UNY di kecamatan Semanu Gunungkidul, diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) di Gunungkidul masih tergolong rendah. Selain itu, diharapkan juga bisa lebih membuat ekonomi masyarakat sekitar lebih bergerak dan nantinya bisa meningkat kesejahteraanya.

Sunaryanta juga berharap bahwa kedepanya dalam penerimaan mahasiswa baru di Gunungkidul kuota 50% yang sedianya memang diperuntukkan untuk putera daerah bisa segera terlaksana.

Profesor Sumaryanto selaku rektor UNY mengaku sangat bangga menerima kunjungan dari Bupati Gunungkidul karena memang selama ini UNY dan Gunungkidul sudah banyak menjalin kerja sama di berbagai bidang, bahkan UNY sudah memiliki sebuah desa binaan yaitu desa Plembutan dan sekolah- sekolah binaan seperti SMAN 2 Playen maupun SMAN 1 Tanjungsari.

Terkait dengan Kampus Gunungkidul yang ada di kecamatan Semanu, Sumaryanto berjanji untuk menambah semua sarana dan prasarana dan mempersiapkan dosen- dosen terbaik, untuk mengembangkan kampus UNY Gunungkidul.

“Intinya kami ingin dengan didirikanya kampus baru di Gunungkidul bisa lebih menambah manfaat bagi masyarakat sekitar” ujar Sumaryanto.

Untuk diketahui bersama bahwa terdapat beberapa prodi baru di UNY, salah satunya Prodi Pengembangan Usaha Rekreasi dibawah Jurusan Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang berada dikampus Gunungkidul.

Dengan adanya Prodi tersebut diharapkan bisa mengembangkan sport tourism sehingga kepariwisataan di Gunungkidul bisa lebih maju mengingat cukup banyak tempat wisata yang ada disana. (Khairani Faizah)