REVITALISASI SMK: PENINGKATAN KERJA SAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI

10
Apr
2019

Dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan terkait bidang pendidikan Kepala SMK Telkom Purwokerto melakukan penjajakan kerjasama ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (05/04/2019). Rombongan SMK Telkom Purwokerto yang terdiri dari Kepala Sekolah, Jumala, MM, Waka Hubinkom, Drs. Slamet Mangusdi, M.Pd., diterima oleh Dekan, Wakli Dekan serta Ketua Jurusan Pendidkian Teknik Elektro serta Teknik Elektronika dan Informatika.

Dalam kunjungan ini SMK Telkom melalui sang Kepala Sekolah, Jumala, MM mengajukan diri untuk menjadi sekolah mitra Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta terlebih untuk bidang robotik, big data dan 3d printing. Hal ini tentu sejalan dengan  hasil gemilang telah ditorehkan Tim Robotika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam Kontes Robot Indonesia 2018 yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yakni juara I dalam Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)  juara III divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda) serta desain terbaik. Hasil tersebut juga mempertahankan gelar juara I KRSTI yang diraih UNY tahun lalu di Bandung.

Model pendampingan SMK ini nantinya akan mengacu pada 6 aspek revitalisasi yang diawali dengan menyamakan persepsi, serta menggali permasalahan SMK dan konfirmasi hasil verifikasi serta sinkronisai dengan aspek-aspek revitalisasi. Enam aspek yang dimaksud adalah pengembangan dan penyelarasan kurikulum, inovasi pembelajaran, pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, standarisasi sarana dan prasarana utama, penataan dan pengelolaan kelembagaan, serta kerjasama sekolah dengan dunia usaha/industri dan perguruan tinggi.

Selain itu, juga ditambahkan aspek penguatan pendidikan karakter dan penataan pengelolaan lingkungan.

Program prioritas yang diharapkan dalam kerjasama ini juga tentang penyelarasan kurikulum serta Pelibatan Perguruan tinggi sebagai mitra dalam kegiatan riset, pengembangan, dan pendampingan penyelenggaraan pendidikan kejuruan; kemitraan dengan Perguruan tinggi dalam pengembangan lembaga SMK, atau SMK sebagai laboratorium pendidikan kejuruan bagi perguruan tinggi; pemanfaatan hasil riset perguruan tinggi sesuai kebutuhan SMK.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyambut baik rencana Sekolah Mitra dari SMK Telkom serya berharap dapat mengirimkan para mahasiswa untuk dapat menimba pengalaman dalam bentuk praktik mengajar khususnya pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Multimedia. (hryo)

 

 

submitted by humas