RIFALDY RAIH BEASISWA SEAMS SCHOOL MATHEMATICAL MODELLING IN BIOLOGY DI HANOI, VIETNAM

29
Mar
2017

Rifaldy Fajar, Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Angkatan 2014 sekaligus Kepala Departemen Pengembangan Kreativitas Mahasiswa BEM KM UNY 2017 berhasil lolos dan menerima beasiswa full sebagai salah satu delegasi Indonesia dalam South East Asia Mathematical Society (SEAMS) School “Mathematical Modelling in Biology” selama hampir dua minggu (6-17/3) di Hanoi University of Science and Technology, Hanoi, Vietnam. Seleksi dari SEAMS School ini meliputi Motivation Letter, Surat Rekomendasi, CV dan Transkrip Nilai.

Dijelaskan Rifaldy, sekolah ini ditujukan untuk memberikan dasar-dasar penelitian terkait pemodelan Matematika Biologi dan untuk memperkenalkan beberapa masalah subjek yang saat ini dalam bidang penelitian intensif. Sekolah ini ditujukan untuk mahasiswa program sarjana yang senior, mahasiswa program pascasarjana, mahasiswa strata tiga dan peneliti yang peduli tentang topik ini, terutama pelamar dari Asia. “Sekolah ini diharapkan dapat mengakomodasi siswa dengan pengetahuan dasar tentang subjek yang akan diperlukan untuk studi lebih lanjut, dan kesempatan untuk para peneliti muda untuk bertemu profesor dari pemimpin lembaga-lembaga penelitian untuk belajar bersama.

Beberapa pembicara terkemuka dalam SEAMS School ini adalah Hien Tran, North Carolina State University (Course M1: Mathematical Modeling Techniques for Biological Systems); 2. Marc Peigne, Université François Rabelais (Course M2: Branching Processes); 3. Thanh Ha Do, Hanoi University of Science, VNU-Hanoi (Course M3: Octave); 4. Tat Dat Tran, Max Planck Institute for Mathematics in the Sciences (Course M4: An introduction to mathematical population genetics); 5. Fugo Takasu, Nara Women’s University (Course M5: Individual-based modeling of population dynamics).

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa, tahun sebelumnya (2016) sempat apply tapi ternyata belum lolos. Pengalaman selama mengikuti SEAMS School juga luar biasa. Mulai dari pesawat, hotel, hingga akomodasi ditanggung penyelenggara SEAMS School. Dari Indonesia ada empat orang. Ketiganya dosen sementara saya sendiri yang masih mahasiswa undergraduate,”papar Rifaldy

“Peserta delegasi SEAMS School ini dihadiri berbagai Negara di ASIA diantaranya adalah Jepang, Filiphina, Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Sponsor dalam kegiatan ini adalah CIMPA (International Center for Pure and Applied Mathematics)”, lanjutnya. (NIS/Witono).

 

submitted by humas