RINTISAN KERJASAMA UNY MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

2
min read
A- A+
read

RINTISAN KERJASAMA UNY MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

Pada hari ini Rabu, 28 Juli 2021, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Rintisan Kerja Sama UNY dengan Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemdikbudristek, Atdikbudristek KBRI Beijing, dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Sehubungan di Sleman diberlakukan PPKM Level-4, maka pelaksanaan workshop dilakukan melalui media zoom.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas jalinan kerja sama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan KBRI dan SILN yang dulu telah diinisiasi dengan adanya kerja sama dengan beberapa SILN (SILN) sejak tahun 2014, diantaranya adalah SILN Singapura dan SILN Jeddah. Selain itu, UNY juga bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Hong Kong.

Peserta workshop terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama, Direktur dan Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan PPs, Ketua lembaga dan Sekretaris, BPPU, Kepala Biro, Koordinator Kampus Wates & Gunungkidul, Ketua Tim WCU, Kepala Kantor Layanan Internasional, Sekretaris Rektor, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama,  Kepala dan Sekretaris Kantor Layanan Admisi, Kepala dan Sekretaris UL KKN-PK, Staf Ahli WR Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Koord dan Subkoord Kerjasama dan Humas, dan Staf terkait.

Saat  membuka workshop, Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. mengatakan, “Saya sangat berbahagia sekali, paling tidak kangen saya terobati. Beberapa tahun yang lalu saya pernah ke Beijing ke Tiongkok Sport University dan kebeberapa tempat khususnya dalam menjalin kemitraan pengembangan SDM dan lembaga. Berikutnya yang sekarang menjadi gelaran Olimpiade 2020, dua kali saya ke Jepang ke Tokyo dan Fukoka, demikian juga ke Malaysia. Ada beberapa best practice yang bisa kami tarik ke instansi kami dalam rangka internasionalisasi.”

“Bagaimanapun kita bisa melakukan sinergi, tidak hanya untuk lembaga tetapi juga SDM-nya, dosen, tendik, maupun mahasiswa. Kami percaya dengan sinergi berkolaborasi maka, kemuliaan, kehebatan lembaga akan terbangun sehingga bisa optimal dalam mengemban misi lembaga, terutamanya bagi UNY untuk tetap mewujudkan insan yang unggul, kreatif, inovatif, takwa, mandiri, cendekia,”sambung Rektor.

Kegiatan yang sudah terjalin selama ini antara lain UNY mengirimkan 3 mahasiswa untuk melaksanakan pengayaan praktik mengajar (PPM) di SI Singapura selama 3 bulan pada tahun 2014. Pada tahun 20015, UNY mengirimkan 4 mahasiswa untuk melaksanakan PPM di SI  Singapura selama 3 bulan. Berikutnya pada tahun 2015, Mahasiswa prodi Pendidikan Luar Sekolah PPs UNY melakukan kunjungan akademik di SI Singapura. Sedangkan pada tahun 2018, UNY menerima satu lulusan SI Jeddah di Prodi Sastra Inggris S-1 sebagai mahasiswa jalur kerja sama, dan Dosen UNY menjadi narasumber tentang softskills di PKBM Hong Kong. Terakhir, tahun 2019 UNY menerima satu lulusan SI Jeddah di Prodi Teknik Informatika S-1.

Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama selaku moderator terlebih dahulu menyampaikan tentang UNY. Sekilas disampaikan tentang Grand Design Pengembangan UNY dari tahun 2020 – 2025, dilanjutkan dengan posisi UNY dalam pemeringkatan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Berikutnya peserta workshop disuguhkan berbagai materi oleh beberapa narasumber. Penyampaian Materi I oleh oleh Bapak Ir. Hendarman, Ph.D. (Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemdikbudristek) tentang Peluang dan Implementasi Kerja Sama Tri Dharma UNY dengan SILN. Penyampaian Materi II oleh Bapak Yaya Sutarya, M.Pd. (Atase Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi KBRI Beijing) tentang Potensi Pengembangan Kerja Sama UNY dengan KBRI Beijing. Penyampaian Materi III oleh Bapak Saidan (Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo) tentang Pengenalan Sekolah Republik Indonesia Tokyo dan Peluang Kerja Sama dengan UNY. Penyampaian Materi IV oleh Bapak Dr. Encik Abdul Hajar, M.M. (Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur) tentang Pengenalan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan Peluang Kerja Sama dengan UNY. Penyampaian Materi V oleh Bapak Dadang Hermawan (Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu) tentang Pengenalan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dan Peluang Kerja Sama dengan UNY.

Tindaklanjut setelah dilaksanakan workshop ini, Siswantoyo mengharapkan banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan antara lain adanya riset bersama, PPM Internasional, Profesor/Doktor goes to SILN, mahasiswa KKN Internasional, magang/praktik kependidikan, kelanjutan studi alumni SILN ke UNY, dan lain-lain. (Sud)