SABET 6 PENGHARGAAN, TIM ROBOT UNY RAIH JUARA UMUM KONTES ROBOT INDONESIA (KRI) REGIONAL 3 2019

29
Apr
2019

Kontes Robot Indonesia merupakan ajang perlombaan robot karya anak bangsa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini dilaksanakan pada tingkat regional dan nasional. Pada kesempatan kali ini Sabtu, 27 April 2019, Tim Robotika UNY turut berlaga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional 3 yang meliputi wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Kalimantan. KRI 2019 Regional kali ini diselenggarakan di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah.

Tim Robotika UNY mempertandingkan 5 Divisi lomba pada KRI 2019 Regional 3, diantaranya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI Humanoid), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPAI Berkaki). Dalam pertandingan kali ini Tim Robotika UNY berhasil memperoleh peringkat pertama Universitas yang mendapatkan penghargaan terbanyak. Perolehan dari Tim Robotika UNY meliputi :

  • Juara 1 dan Desain Terbaik divisi KRAI dengan nama tim MAESTRO_EVO,
  • Juara 1 divisi KRSTI dengan nama tim ROSEMERY,
  • Juara 1 divisi KRPAI Berkaki dengan nama tim GARENGPUNK,
  • Juara 2 KRSBI Beroda dengan dama tim MOBO-EVO, dan
  • Juara 2 KRSBI Humanoid dengan nama tim AL-AADIYAT.

Dengan demikian, Tim Robika UNY dianugerahi penghargaan Juara Umum pada Kontes Robot Indonesia 2019 Regional 3. Prestasi yang diperoleh masing-masing tim tentunya bukanlah suatu hal yang instan. Terdapat kerja keras dan pengorbanan yang besar dari masing-masing anggota tim, mulai dari kerja lembur hingga merelakan untuk tidak mudik ke kampung halaman saat masa libur kuliah. Julizar Handi Wijaya, Ketua Umum Robotika UNY 2019 mengatakan, "Hasil yang kami peroleh tentunya tidak lepas dari kerja keras anggota tim, baik tim teknis maupun managerial. Tentunya dengan bantuan dari pihak kemahasiswaan dan birokrasi Universitas Negeri Yogyakarta".

Dalam pertandingan kali ini, Tim Robotika UNY berhasil mengembalikan kejayaan tim yang sempat merosot beberapa tahun belakangan. "Kami berharap di KRI nasional bulan Juni nanti, kami dapat mempertahankan perolehan kami, baik perolehan maisng-masing tim maupun perolehan juara umum" tambah Julizar. (er)

submitted by humas