SATURDAY RESEARCH SCHOOL (SRS) PROGRAM PELATIHAN JURNAL DAN PUBLIKASI KMP UNY

1
min read
A- A+
read

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Universitas NegeriYogyakarta membuka kegiatan Saturday Research School (SRS). SRS merupakan kegiatan pelatihan penulisan dan publikasi Jurnal untuk mahasiswa pasca UNY. Grand Opening SRS dilakukan di Gedung GLB Lt. 3 UNYdan dibuka langsung oleh Pembina KMP, Dr. Dimyati, M.Si, Sabtu 16 Maret 2019.

Ikhsan, Sahal Guntur selaku ketua panitia melaporkan bahwa jumlah peserta yang mendaftar 135 mahasiswa S2 maupun S3. Jumlah peserta mayoritas berasal dari angkatan 2018.

Dr. Dimyati, M.Si pada saat memberikan sambutan menegaskan bahwa kegiatan ini penting dan mendukung program Pascasarjana. Kegiatan SRS ini membantu mahasiswa dalam penulisan dan publikasi jurnal sebagai syarat mengikuti yudisium.

Pendamping KMP tersebut berpesan bahwa dibutuhkan komitmen dan konsistensi pesarta selama mengikuti 10 pertemuan kedepan. “ Setidaknya ada 4 syarat dalam keberhasilan menulis jurnal yakni kemauan keras, motivasi diri yang kuat, pengetahuan dan kemampuan,” tegasnya saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Acara dilanjutkan denga sosialisasi publikasi jurnal dari pihak pengurus Jurnal UNY. Dr. Heri Retnawati, M.Pd selaku pembicara menekankan bahwa menulis jurnal sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Menurutnya, Publikasi jurnal merupakan syarat penting bagi setiap orang baik yang ingin mendapatkan beasiswa studi maupun bekerja khususnya sebagai dosen.

Dosen yang terlibat dalam editor beberapa  jurnal asing tersebut mengatakan bahwa tugas-tugas selama perkuliahan juga bisa dijadikan artikel untuk publikasi. Bahkan menurutnya, Beliau kerap terinspirasi menulis jurnal hanya dengan mendengar curhat teman, tetangga.

“Sebenarnya setiap hari kita sudah menulis, seperti status WA. Kita hanya perlu menyalurkannya dengan lebih baik,”tegasnya. “Dari pertanyaan teman, apa yang dirasakan hati, memulai dari blog pribadi bisa menghasilkan artikel jurnal 2 dalam sebulan,”lanjutnya.

Selain tips-trik menulis artikel jurnal, Dalam kesempatan tersebut juga diberitahukan beberapa jurnal artikel seperti Pytagoras, Harmoni Sosial, Prima Edukasi dan lainnya yang bersifat gratis dan bisa dimanfaatkan mahasiswa. Setelah sesi tanya-jawab, sosialisasi ditutup dengan quote menarik “Jangan rindu, itu berat lebih baik menulis jurnal aja.”

Turut hadir dalam kesempatan tersebut ketua umum KMP, Mashudi S.Pd didampingi wakil ketua umum, Adrizal, S.Pd. Acara tersebut dihadiri sekitar 100 lebih peserta. (Tobasastrawan/JK)