SEBANYAK 1.250 MAHASISWA UNY, IKUTI WISUDA PERIODE AGUSTUS 2021 SECARA DARING

1
min read
A- A+
read

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama

Upacara Wisuda Periode I Tahun Akademik 2021/2022,yang diselenggarakan pada, Sabtu, 28 Agustus 2021 diikuti sebanyak 1.250 orang mahasiswa yang terdiri dari 487 pria dan 763  wanita. Pelaksanaan wisuda dilaksanakan secara online mengingat penyebaran Covid-19 di Indonesia dan di Yogyakarta masih tinggi. Keselamatan dan kesehatan bagi para wisudawan/wisudawati, para orangtua/wali, dan seluruh sivitas akademika UNY serta tenaga kependidikan menjadi hal yang harus diutamakan agar kita semua terhindar dari Covid-19.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Universitas Negeri Yogyakarta Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. menyebutkan bahwa wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi: untuk Program Doktor diraih oleh Dr. Agus Santoso dengan IPK 3,99 dari program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan; untuk Program Magister diraih Anang Fathoni, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Dasar dengan IPK 4,00; untuk Program Sarjana diraih Fahayu Priristia, S.Pd. dengan IPK 3,93 dari program studi Pendidikan Akuntansi; dan dari Program Diploma adalah Tri Wahyuni, A.Md.Pas. dengan IPK 3,84  dari program studi D3 Manajemen Pemasaran.

Sedangkan kategori dengan lulus tercepat, Takarina menguraikan, “Mahasiswa lulusan tercepat: Program Doktor dengan masa studi 2 tahun 10 bulan diraih Saudara Dr. Samsul Arifin dengan IPK 3,94 (sangat memuaskan) dari program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan; Program Magister dengan masa studi 1 tahun 10 bulan diraih oleh Saudari  Tirsa Elfira, M.Psi., IPK 3,97 (cum laude), program studi Pendidikan Psikologi; Program Sarjana dengan masa studi 3 tahun 4 bulan diraih Saudara Ghina Wintang Alfiana, S.E., IPK 3,68 (cum laude), program studi Ilmu Akuntansi; Program Diploma dengan masa studi 2 tahun 10 bulan diraih Saudara Roni Mahendra, A.Md.T., IPK 3,77 (cum laude) dari program studi D3 Teknik Mesin.”

Di samping itu katerori Predikat Lulusan Termuda dijelaskan oleh Takarina, “Program Doktor dengan usia 31 tahun 6 bulan diraih Saudari Dr. Kriswantoro dengan IPK 3,79 (cum laude), program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan; Program Magister usia 23 tahun 2 bulan diraih oleh Saudari  Krisma Haryuaniati, M.Pd., IPK 3,69 (sangat memuaskan) program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; Program Sarjana usia 21 tahun 2 bulan diraih Saudara Ahmad Patria Duta, S.Pd., IPK 3,47 (sangat memuaskan)  program studi Pendidikan Teknik Mekatronika; Program Diploma usia 20 tahun 5 bulan  diraih Saudari Evia Nidya Alrezi, A.Md.A.B., IPK 3,76  (cum laude), program studi D3 Administrasi Perkantoran.”

Universitas Negeri Yogyakarta sangat berbangga dengan raihan prestasi para wisudawan pada periode ini. Terdapat 159 orang yang menunjukkan prestasi yang membanggakan dalam berbagai kompetisi atau kejuaraan, baik di bidang penalaran, seni, olahraga, maupun minat khusus dengan total 384 penghargaan. Adapun distribusi wisudawan berprestasi untuk tiap fakultas adalah: FIP sebanyak 16 orang (43 penghargaan), FBS sebanyak 16 orang (23 penghargaan), FMIPA sebanyak 31 orang (73 penghargaan), FIS sebanyak 17 orang (44 penghargaan), FT sebanyak 50 orang (133 penghargaan), FIK sebanyak 17 orang (38 penghargaan), FE sebanyak 11 orang (29 penghargaan), dan Pascasarjana sebanyak 1 orang (1 penghargaan).

Sedangkan berdasarkan tingkat penghargaan: tingkat internasional sebanyak 81 penghargaan, tingkat regional sebanyak 16 penghargaan, tingkat nasional sebanyak 186 penghargaan, tingkat wilayah sebanyak 9 penghargaan, tingkat daerah/provinsi sebanyak 41 penghargaan, tingkat kabupaten/kota sebanyak 3 penghargaan, dan tingkat UNY sebanyak 48 penghargaan. Berdasarkan jenis penghargaan: bidang penalaran 222 penghargaan, bidang seni 54 penghargaan, bidang olahraga 77 penghargaan, dan minat khusus 31 penghargaan.

Mengakhiri penjelasannya Takarina menyampaikan prestasi berdasarkan per bidang, prestasi dalam bidang penalaran sejumlah 90 orang, prestasi dalam bidang seni sejumlah 25 orang, prestasi dalam bidang olahraga sejumlah 35 orang, dan prestasi dalam bidang minat khusus sejumlah 25 orang. (Sud).