SEMINAR DWP UNY:PEMBERDAYAAN PERAN WANITA DAN MEMAHAMI POTENSI ANAK

1
min read
A- A+
read
SEMINAR DWP UNY:PEMBERDAYAAN PERAN WANITA DAN MEMAHAMI POTENSI ANAK

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Seminar bertajuk Pendidikan Pemberdayaan Wanita dalam Inovasi Pendidikan di Era Milenium,bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY,(25/6).

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor II UNY, Edi Purwanta. “Kami sangat mendukung atas terselenggaranya seminar pendidikan ini, mudah-mudahan dengan memberdayakan wanita dalam mendidik anak, akan meningkatkan keharmonisan dan kehangatan dalam keluarga baik secara inovatif dan solutif,” jelas Edi.
Seminar menghadirkan Keynote Speech, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. dari UNNES, menjelaskan sikap keterbukaan untuk menjembatani antara generasi baby boomer dan generasi Z (Gen Z), sebuah upaya untuk menjembatani generasi tua dan muda supaya tidak memunculkan kesenjangan persepsi dalam mensikapi era sekarang. “Saya berharap, kita sebagai generasi baby boomer tidak terlalu kaku dalam menerima arus informasi dari berbagai media,”papar Tandiyo.
Sementara itu, pemateri lain, dosen Prodi Psikologi UNY, Yulia Ayriza, M.Si., Ph.D. memaparkan materi pengembangan potensi anak. “Ketika anak pintar dalam hal menari, hendaknya orang dewasa tidak memaksakan anak mempelajari matematika, karena konsentrasi anak lebih condong kepada kemampuan menari,” lanjutnya,”Biarlah anak tumbuh sesuai dengan minat bakatnya, karena apabila orang dewasa, memaksakan, maka minat bakat tingginya akan menjadi lemah, seperti halnya mengajari ikan memanjat, selamanya ikan tidak akan pernah bisa memanjat demikian juga halnya kelinci, meskipun kelinci pandai berlari dan meloncat, tapi tetap tidak akan pandai untuk memanjat.” Yulia berharap sebaiknya orang tua tidak boleh menuntut anak memiliki keahlian atau nilai pelajaran yang sama tinggi di semua bidang.
Senada, pemateri terakhir, sekaligus motivator muda Kiki Fardiansyah Wijaya, membagi kiat dan tips dalam menghadapi persoalan berumah tangga, baik terhadap suami/istri, dan juga terhadap anak-anak dengan ceria. Turut hadir dalam seminar, para Para Ketua Dharma Wanita Persatuan unit, para anggota Dharma Wanita, serta pegawai tenaga kependidikan dan tenaga pengajar di lingkungan UNY. Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan hasil lomba kebersihan Kampus di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. (pras)