SEMINAR NASIONAL: GURU INOVATIF DI ERA MILENIAL

22
Nov
2018

Hima Pendidikan Sosiologi 2018 bekerja sama dengan Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Guru Inovatif di Era Milenial” pada hari Sabtu (10/11/2018). Seminar yang dilaksanakan di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY tersebut diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan guru sosiologi se-Indonesia. Seminar juga dihadiri oleh Dekan, Wakil dekan dan dosen Pendidikan Sosiologi FIS UNY.  Dalam sambutannya, Dekan FIS UNY, Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M. Ag. mengapresiasi kerja keras seluruh panitia yang telah menyelenggarakan seminar dengan sukses. “Kegiatan ini sudah diselenggarakan tujuh kali, semoga kedepannya semakin lebih baik dan jurusan yang lain juga dapat mengikuti,” jelasnya

Menurut salah satu panitia, Ervina Wulandari, penyelenggaraan Seminar Nasional kali ini dilatarbelakangi adanya kemajuan teknologi di bidang pendidikan. Para peserta didik lekat dengan perkembangan teknologi, seperti gadget dan internet sehingga guru sebagai salah satu komponen penting dalam pendidikan perlu memahami perkembangan ini. Harapannya para guru dapat mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran di kelas.

“Kegiatan seminar nasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SOCIOLOGIC #7 tahun 2018. Adapun pembicara seminar adalah Dr. Supriano, M. Ed Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Exwan Andryan Verrysaputro, S. Pd., M. Pd. Guru Unggul Inovatif 2018, Grendi Hendrastomo, MM., MA, Kaprodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY dan Tri Nuraini Kepala PR Marketing Quipper” papar mahasiswa FIS tersebut.

Selain Seminar Nasional, lanjut Ervina, rangkaian kegiatan SOCIOLOGIC #7 lainnya adalah  Olimpiade Sosiologi SMA/MA Tingkat Nasional, Lomba Poster SMA/MA Tingkat Nasional dan Simposium Guru Sosiologi Nasional. Lomba Olimpiade antar pelajar SMA/MA tahun 2018 ini dilaksanakan dalam lingkup nasional dengan mengangkat tema “Siswa Kreatif di Era Milenial”. Kegiatan ini diselenggarakan di FIS UNY  pada tanggal (10-11/11/2018).

Sementara itu,  Lomba Poster SMA/MA Tingkat Nasional merupakan sebuah kejuaraan nasional dalam bidang sosiologi dimana peserta mengkaji suatu masalah dan dituangkan dalam bentuk poster. Tema lomba poster tahun ini yaitu “Dunia dalam Genggaman Digital”. Ada dua tahap dalam lomba ini yaitu  tahap penyisihan dan tahap presentasi. Pada tahap penyisihan, dewan juri memilih 10 karya terbaik. Selanjutnya, pada tahap presentasi,  peserta yang dinyatakan lolos dari tahap penyisihan mempresentasikan hasil karyanya pada tanggal (11/11/2018) di FIS UNY.

Ervina menambahkan, rangkaian kegiatan SOSIOLOGIC #7 yang terakhir yaitu Simposium Guru Sosiologi Nasional. Kegiatan yang  diselenggarakan pada tanggal (10/11/2018) ini bekerja sama dengan MGMP Guru Sosiologi se-Indonesia. “Kegiatan ini merupakan ajang diskusi  para guru sosiologi terkait dengan masalah yang di hadapi para guru dalam proses pembelajaran dan strategi yang dibutuhkan dalam pembelajaran di era milenial” jelas Ervina (Eko)

submitted by humas