SETELAH MELALUI PLT DAN KKN AKAN SEMAKIN PROFESIONAL UNTUK MENGABDI

1
min read
A- A+
read

Program Lapangan Terbimbing (PLT) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan semakin mengasah pengalaman lapangan, kedewasaan, kemampuan beradaptasi di masyarakat, dan kecakapan sosial, demikian disampaikan Dekan FIK, Wawan S. Suherman dalam penerjunan sekaligus serah terima mahasiswa kerjasama Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (PGSD Penjas) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (16/2). Walaupun hampir semua mahasiswa program kerjasama ini merupakan guru di dinas pendidikan setempat yang relatif sudah mempunyai pengalaman mengajar dan di masyarakat, tentu saja PLT ini harus tetap dibimbing dan didampingi FIK UNY, imbuhnya. Dekan FIK turut berpesan agar para mahasiswa tetap menjalankan program tersebut dengan baik agar bisa lulus tepat waktu dan kembali mengabdi dengan kompetensi yang lebih baik demi semakin majunya kualitas pendidikan jasmani di tingkat dasar pada khususnya di Kabupaten Banjarnegara. Di akhir sambutannya, Dekan FIK menyatakan terima kasih atas kepercayaan Dindikpora Kabupaten Banjarnegara kepada FIK UNY untuk turut andil meningkatkan kualitas pendidikan dan berharap nantinya turut meningkatkan tingkat kesejahteraan para guru dan masyarakat sekitar dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diberikan melalui sivitas akademikanya.

Apresiasi yang tinggi turut disampaikan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora). Endang Sulistyaningsih, Kepala Seksi Pengembangan Dindikpora, menyatakan terima kasih atas kesediaan Universitas Negeri Yogyakarta membantu meningkatkan kompetensi para guru Penjas di tingkat sekolah dasar. Setelah para guru mendapatkan upgrade kompetensi dan profesionalitas dalam bidang- bidangnya, diharapkan dapat mengangkat kualitas pendidikan dan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Banjarnegara, ungkapnya. 

Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga, Guntur, menambahkan bahwa kegiatan Penyerahan PLT dan KKN diikuti 37 mahasiswa yang nantinya akan ditempatkan di Kecamatan Punggelan dan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Sebelum penyerahan, para mahasiswa diberikan workshop dan aktivitas luar kelas berupa rafting bersama di Sungai Serayu untuk meningkatkan menambahkan pembekalan wawasan, kebersamaan dan keakraban antar mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan FIK. (SP27)