SHARING MOTIVASI KELULUSAN MAHASISWA KEMITRAAN NEGARA BERKEMBANG PPS UNY

31
May
2019

Mahasiswa Internasional yang mengambil studi di Indonesia bersahabatlah dengan Bahasa Indonesia, ujar Kijambu John Baptist mahasiswa S2 Biologi KNB (Kemitraan Negara Berkembang) PPs UNY asal Uganda. Karena dengan bahasa Indonesia, kamu bisa lebih bersosialisasi. “Okelah penduduk lokal bisa bahasa Inggris, tapi ketika kamu bisa berbahasa Indonesia, kamu akan lebih dihargai lagi” tambah John dalam acara Sharing dan Ramah Tamah mahasiswa KNB angkatan 2016-2018. Disamping itu ketika kamu bisa bahasa Jawa, orang-orang akan lebih menerima kamu meskipun kamu mahasiswa asing.

Pada kegiatan ini, Godlove Kiswaga mahasiswa PBI menjelaskan bahwa untuk segera memenuhi persyaratan ujian, banyak-banyaklah mengirimkan artikel untuk publikasi. Dengan publikasi terlebih jurnal yang bereputasi internasional, knowledge sharing akan lebih besar dan ilmuwan-ilmuwan dunia akan membaca jurnal mereka. Godlove menambahkan pula untuk bisa fokus pada topik awal, jangan berubah-ubah. Hal ini juga diamini oleh Ndayisenga Japhet yang menekankan untuk berkomitmen pada fokus awal. “Bila ditengah-tengah berubah, maka kamu akan kesulitan menemukan topik yang kamu inginkan”

Mahasiswa prodi S2 Kimia, Naseer Ahmed dari Pakistan menambahkan bahwa untuk lulus lebih cepat, jangan lupa TOEFL nya lebih ditingkatkan. “Memang kita menghadapi kendala bahasa, kita disini harus belajar bahasa Indonesia tapi bahasa Inggris jangan dilupakan, karena merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk lulus dengan baik, tutup Naseer. Kegiatan ini diakhiri dengan berbuka puasa bersama. (ant)

submitted by humas