SKRIPSI BUKAN MOMOK LAGI

1
min read
A- A+
read

Skripsi merupakan tugas akhir yang kerap menjadi momok bagi mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang terbebani dan kewalahan karena tidak siap mengerjakan tugas akhir ini. Oleh sebab itu, BEM UNY berkolaborasi dengan Sahabatskripsi.ID mengadakan gelar wicara bertajuk Skripsi: All About Olah Data di Ruang Sidang, Pasca Lama UNY, Jum’at (15/02).

Rizqi Lestari, tamu dan pembicara dari gelar wicara ini memaparkan kesulitan-kesulitan yang biasanya dihadapi mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir. “Sebenarnya pengerjaan skripsi itu tidak sulit, hanya saja berat memulainya,” kelakar Rizqi.

Rizqi menyatakan bahwa problem lain yang menjadikan skripsi terkendala adalah pandangan mahasiswa yang membatasi dirinya sendiri. “Biasanya selama ini mengerjakan tugas secara berkelompok dan bersama teman-teman. Ketika dihadapkan dengan skripsi, mahasiswa bersangkutan diharuskan mengerjakannya sendirian. Tak ada teman curhat atau yang membantu lagi sehingga merasa kesepian. Apalagi jika dosen pembimbingnya tidak cocok atau sulit ditemui,” papar Rizqi.

Berdasarkan kesulitan dan pengalamannya selama menjadi mahasiswa, Rizqi terdorong untuk berkontribusi membantu mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir dalam pengerjaan skripsi. Oleh sebab itu, Rizki yang ketika itu masih berstatus mahasiwa tingkat akhir jurusan Bimbingan dan Konseling, UNY menggagas perusahaan rintisan edukatif, start-up Sahabat Skripsi yang bergerak membantu dan mengajarkan olah data serta memotivasi mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan skripsi mereka.

Gelar wicara ini juga membahas tentang aneka olah data kualitatif dan kuantitatif, serta berbagi pengalaman terkait kesulitan dalam pengerjaan tugas akhir. “Penentuan metode penelitian juga menentukan jangka waktu: lama tidaknya skripsi dikerjakan,” tambahnya.

Terkait tugas akhir yang baik, Rizqi berkelakar bahwa tidak ada tolok ukur tertentu terkait skripsi yang ideal. “Sebaik-baiknya data adalah data yang benar dan sebaik-baiknya skripsi adalah skripsi yang selesai,” ujar Rizqi sambil tergelak.

Norma Nida Jayanti, salah seorang peserta gelar wicara menyatakan bahwa acara ini membuka pandangannya terkait pengerjaan skripsi. “Kendati saya bukan mahasiswa tingkat akhir, saya ingin tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan jika saya menghadapi skripsi saya nantinya,” ujar Norma.

Gelar wicara Skripsi: All About Olah Data ini ini dipandu oleh Laily Nisa Mualifah. Acara ini diadakan berdasarkan kerjasama antara BEM UNY dan Sahabatskripsi.ID dari pukul 08.00-11.00 di Ruang Sidang, Pasca Lama, UNY pada Jum’at (15/02). (Muhammad Abdul Hadi/JK)