SOROTI MASALAH PENDIDIKAN INDONESIA, UKMP SELENGGARAKAN DISEMINASI SKRIPSI

1
min read
A- A+
read

Lazimnya skripsi sebagai tugas akhir hanya dirujuk sebagai sumber ilmiah dan acuan akademis saja, padahal kajian yang diteliti urgen untuk diketahui umum. Apalagi kajian penting mengenai masalah pendidikan Indonesia. Oleh sebab itu, Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) UNY menyelenggarakan acara Diseminasi Skripsi #1 untuk memaparkan hasil penelitian skripsi dua alumni, Imam Fauzi, S.Pd dan Anggun Fitria Agung, S.Pd. pada Jum’at (15/02) di Student Center UNY.

Diseminasi skripsi merupakan forum untuk menyebarkan hasil penelitian agar timbul kesadaran, sikap menerima, dan memanfaatkan informasi yang ada. Utamanya, untuk diterapkan dalam praktik kajian penelitian tersebut.

Anggun Fitria Agung, pembicara pertama menyampaikan penelitiannya tentang pengembangan ensiklopedia sistem imun terintegrasi Salingtemas. “Selama ini, pemahaman ilmu biologi terkait sistem imun hanya berhenti di tahap konsep yaitu pengetahuan teoritis saja, dan belum sampai ke tahap konteks, yaitu penerapan ilmu biologi. Terlebih lagi penerapan tentang sistem imun ke dalam konteks sehari-hari,” ujar Anggun.

Oleh sebab itu, Anggun mengembangkan ensiklopedia sebagai solusi kesulitan siswa kelas XI SMA dalam memahami sistem imun di mata pelajaran biologi. Ensiklopedia yang dikembangkan Anggun berbasis Salingtemas, yang merupakan akronim dari Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat. Eksiklopedia yang dikembangkan Anggun mengajak siswa untuk mau dan mampu menerapkan prinsip sains dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Masih dalam konteks edukasi, pembicara kedua, Imam Fauzi menyoroti tentang nilai-nilai moral di dunia pendidikan. Hal ini dilatarbelakangi maraknya kasus kekerasan di bidang pendidikan akhir-akhir ini.

“Ada rasa miris terkait pendidikan di Indonesia. Misalnya dari survey Komisi Perlindungan Anak Indonesia pada tri semester pertama tahun 2018, terdapat 72 persen tingkat kekerasan terhadap anak,” ujar Imam.

Oleh sebab itu, Imam mengkaji mengenai internalisasi nilai humanistik terhadap perilaku Design for Change di lingkup belajar-mengajar. Perilaku Design for Change sendiri merupakan metode pendidikan yang digagas Kiran Bir Sethi dari India. Di antara konsepnya adalah untuk mengedepankan kebebasan, kreativitas, kerja sama, kejujuran, dan aktualisasi diri.

“Pada perilaku Desain for Change, siswa terlibat langsung dalam memberikan solusi bagi permasalahan di sekitar mereka," tambah Imam.

Ketua UKMP, Ilyas Gistiana menyatakan bahwa acara ini bukan hanya bertujuan untuk diseminasi skripsi saja, namun juga sebagai forum berbagi pengalaman dalam menyelesaikan tugas akhir. “Biasanya pengerjaan skripsi itu tidak begitu susah. Hanya saja butuh motivasi untuk memulai dan daya tahan untuk menyelesaikannya. Nah, selain memperoleh ilmu, di sini juga ajang sharing (berbagi pengalaman) terkait pengerjaan skripsi,” ujar Ilyas.

Skripsi Anggun Fitria Agung yang dibahas bertajuk Pengembangan Ensiklopedia Sistem Imun Terintegrasi Salingtemas Untuk Kelas XI SMA. Sedangkan skripsi Imam Fauzi berjudul Hubungan Internalisasi Nilai Humanistik terhadap Perilaku Design for Change. Acara Diseminasi Skripsi #1 ini diadakan di Student Center UNY pada pukul 16.00-18.00, Jum’at (15/02). (Muhammad Abdul Hadi/JK)