SOSIALISASI DAN ACADEMIC SCHOOL PARTNERSHIP

1
min read
A- A+
read

SOSIALISASI DAN ACADEMIC SCHOOL PARTNERSHIP

Sebanyak 40 Kepala Sekolah dan 40 IT dari beberapa sekolah SMA/SMK/MA wilayah Banjarnegara Jawa Tengah mengikuti “Sosialisasi PMB Universitas Negeri Yogyakarta dan Academic School Partnership pada hari Rabu, 30 Oktober 2019 di Gedung SMA Negeri 1 Banjarnegara.

Sebagai tuan rumah, SMA Negeri 1 Banjarnegara yang diwakili Bapak Sudarto, S.Pd, M.M selaku Kepala Sekolah menyampaikan ucapan selamat datang, dan berharap peserta dapat mengikuti dan mengambil manfaat dari kegiatan sosialisasi maupun manfaat dari penandatanganan kerjasama ini. Selanjutnya dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kasi SMA Wilayah IX  Dinas Pendidikan Banjarnegara Bapak Dwi Listiono mengatakan untuk supaya terus mendorong peserta didik dalam meningkatkan pendidikan yang lebih tinggi, serta untuk mensosialisasikan lebih dini tentang penerimaan mahasiswa baru.

Pada kesempatan tersebut sebagai narasumber sosialisasi UNY, Setya Raharja menyampaikan tentang profil UNY yang meliputi visi, misi, profil fakultas, beberapa raihan prestasi UNY tahun 2019, fasilitas dll. Berikutnya Setya Raharja juga memaparkan tentang pendidikan yang diselenggarakan, jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2020, jenjang pendidikan, cara pendaftaran PMB UNY, serta UNY dalam angka SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Sedangkan Academic School Partnership (ASP) yang disampaikan Sudaryono dari Humas UNY menyebutkan bahwa tujuan dari ASP adalah untuk a) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan SMA/SMK/MA seluruh Indonesia, b) mempermudah siswa dan siswi maupun guru sekolah mitra dalam mengakses semua informasi dari UNY, c) memudahkan UNY mencari data sekolah terkait Penerimaan Mahasiswa Baru, d) Memetakan sebaran sekolah mitra UNY, dan e) meningkatkan trafik kunjungan ke website UNY maupun sekolah mitra.

Akhir dari kegiatan tersebut menghasilkan perjanjian antara UNY dengan 40 sekolah di wilayah Banjarnegara.    Maksud perjanjian kerja sama ini adalah sebagai landasan dalam rangka pelaksanaan kerja sama yang disusun sesuai dengan ruang lingkup perjanjian kerja sama ini, sedangkan tujuan untuk saling mendukung kegiatan dalam rangka penyebaran informasi terkait penerimaan mahasiswa baru dan peningkatan kuantitas dan kualitas input mahasiswa baru yang berkaitan dengan bidang pendidikan. (Sdr)