SOSIALISASI KEBIJAKAN REKTOR UNY

31
Mar
2017

Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibutuhkan kompetensi di tingkat ASEAN bukan semata regional lagi. Tantangannya adalah menciptakan sumber daya manusia yang punya daya saing. Strategi menghadapinya adalah penguatan ekspor, penguatan pasar domestik dan penguatan daya saing global. Pada penguatan daya saing global inilah peran perguruan tinggi dibutuhkan. Demikian dikatakan Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd dalam sosialisasi kebijakan rektor di Fakultas Bahasa dan Seni UNY, (30/3).

Menurut Biro Pusat Statistik, tenaga kerja Indonesia dengan kualifikasi pendidikan tinggi hanya 11,01% sedangkan Malaysia mencapai 22% dan Thailand 13%. “Mayoritas tenaga kerja Indonesia berkualifikasi pendidikan dasar yang mencapai 62,3%,” kata Sutrisna Wibawa “Sebaliknya, tenaga kerja asing di Indonesia mayoritas tenaga profesional yang berpendidikan tinggi”. Di era MEA ini dapat dipastikan tenaga kerja asing akan membanjiri pasar kerja Indonesia dan tugas perguruan tinggi untuk mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki daya saing global.

Selain itu Sutrisna Wibawa berharap agar tahun 2021 UNY dapat berkiprah di tingkat ASEAN, untuk itu pada tahun 2017-2018 adalah tahun kerja keras untuk mencapainya. “Status PTN Badan Hukum diharapkan tercapai tahun 2020” katanya. PTN Badan Hukum berpatokan pada peningkatan kualitas dan tidak komersial karena diberikan otonomi untuk meningkatkan kualias. Syarat untuk menjadi PTN Badan Hukum adalah masuk peringkat 700 dunia, untuk itu ditargetkan 70% prodi terakreditasi A serta 40% dosen berpendidikan S3.

Dekan FBS, Dr. Widyastuti Purbani mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi program kerja Rektor UNY yang dilantik 23 Maret 2017 lalu, dan diikuti oleh 200 orang dosen, karyawan dan mahasiswa FBS. “Hal ini termasuk salah satu cara rektor agar lebih dekat pada civitas akademika UNY” ungkap Widyastuti Purbani. Menurut rencana Rektor juga akan mengadakan sosialisasi program kerja ini pada tiap fakultas di UNY. (dedy)

submitted by humas