SOSIALISASI PEDOMAN PKM 2018

31
Dec
2018

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY menyelenggarakan Finalisasi Proposal, Persiapan Unggah Eksternal PKM Pendanaan 2019 dan Sosialisasi Pedoman PKM 2018 baru-baru ini di FMIPA. Acara yang dibuka oleh Dekan FMIPA, Dr. Hartono diikuti oleh 118 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FMIPA

Dalam sambutannya Dekan mengatakan, usaha kita tidak sia-sia karena UNY menempati rangking 5 pada PIMNAS 2018 dan kinerja kemahasiswaan juga rangking 5 nasional. Ini adalah buah kerja keras kita semua terutama mahasiswa dan dosen pembimbing PKM.

“Sebaik apapun penelitian PKM,  tapi kalau belum berhasil mengunggah secara eksternal itu artinya mati/tidak selesai karena itu sebagai pintu pertama. Dampak kalau menang di pimnas luar biasa akan tertulis pada CV. Kalau mencari pekerjaan, perusahaan yang dituju biasanya akan minta ke fakultas untuk track record anak tersebut, “lanjutnya.

Sementara itu, Dr Pujianto, Dosen Pembimbing PKM mengucapkan selamat bagi mahasiswa yang sudah lulus tahap 1. Sedikit evaluasi tahapan mengapa beberapa tim tidak lolos di resque tahap 1 itu adalah di administrasinya. Substansi harus sesuai dengan PKMnya misalnya dikewirausahaan tidak boleh ada penelitian. Begitu ada tim yang bagus tetapi setelah direview ternyata nilai dibawah batas standar dengan terpaksa dimasukkan ke dalam 3 kategori, yaitu priority, semi priority, dan perlu pembinaan.

“Banyak mahasiswa yang bertanya kenapa saya mengajukan sekian judul tapi yang lolos hanya sekian saja. Mahasiswa bisa mengecek apakah kesalahan kamar di jenis PKMnya atau mungkin ada persyaratan yang tidak dipenuhi, seperti tidak mencantumkan nama mitra, salah mitra, mitra yang seharusnya produktif justru sebaliknya,”katanya.

Pujianto menambahkan, belum dikeluarkan pedoman PKM terbaru menjadi salah satu kendala mahasiswa untuk menyusun proposal. Dan itu dimaklumi karena pedoman itu baru dilaunching minggu lalu. Jadi saya maklum temen-temen beberapa hari ini direpotkan dengan revisi beberapa hal yang harus menyesuaikan dipedoman. Dan pedoman ini persyaratannya ketat sekali. Dari pedoman ini ada satu hal yang meresahkan teman-teman, yaitu adanya pembatasan 12 kata di judul, sehingga fenomena itu tidak hanya terjadi di UNY tetapi juga di universitas lain. (witono)

submitted by humas