SOSIALISASI PENGASUHAN PADA ANAK USIA DINI DAN REMAJA

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa KKN UNY K072 Clebung Soronalan Magelang melaksanakan sosialisasi pengasuhan pada anak usia dini dan remaja serta cara menjaga hubungan dekat dengan keluarga pada ibu-ibu PKK di dusun Clebung belum lama ini. Ayuza Amalia dari prodi psikologi mengatakan bahwa tujuan dilakukannya sosialisasi ini yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran orang tua dalam mengasuh anak. “Pemilihan metode cara pengasuhan yang tepat akan menjadi penentu bagaimana anak akan menjalani masa tumbuh dan berkembangnya” katanya. Dalam segi psikologis, masa tumbuh kembang anak dibentuk mulai dari kandungan dan yang menjadi fokus tumbuh kembang anak yaitu pada usia 3-6 tahun. Pada fase tumbuh kembang tersebut merupakan usia emas dimana anak akan banyak membentuk kepribadian dan pola tingkah laku serta kondisi mentalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pengasuhan yang tepat supaya dapat tercapainya kondisi prima anak baik dari segi psikologis, fisik, serta perilakunya.

Havivah Nurul Septiana, mahasiswa prodi matematika mengatakan, materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini yaitu terdapat tiga materi diantaranya yaitu pengasuhan anak usia dini, pengasuhan anak usia remaja, dan menjaga hubungan dekat dengan keluarga. Secara garis besar materi-materi ini meliputi bagaimana pengetahuan mengenai pengasuhan terhadap anak serta strategi yang mampu digunakan dalam melakukan proses pengasuhan yang tepat terhadap tumbuh kembang anak. Disampaikan pula bagaimana strategi dalam menjaga dan memulai hubungan yang positif dalam lingkungan keluarga. Dalam hal ini dimaksudkan supaya ibu-ibu yang menjadi pusat atmosfer keluarga mampu menciptakan suasana yang positif dan menjadikan pola pengasuhan untuk tumbuh kembang anak yang tepat melalui hubungan-hubungan yang baik antar anggota keluarga.

Anggota PKK Dusun Clebung, Hesti mengatakan bahwa sosialisasinya bermanfaat jadi menambah wawasan dan strategi dalam berkeluarga. (Ayuza Amalia)