STUDI LABORATORIUM KE SMK N3 WONOSARI DAN PKBM SEMBADA WONOSARI

16
Apr
2019

Sejumlah 12 Perwakilan dari Keluarga Besar Mahasiswa S2 & S3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adakan kunjungan ke Gunungkidul, tepatnya ke SMK N3 Wonosari dan PKBM Sembada Wonosari. Rombongan tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama sekaligus menggali ilmu pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan dari SMK N3 Wonosari dan tentang pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dari PKBM Sembada Wonosari.

Di SMK N3 Wonosari, rombongan diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana dan Prasarana yaitu Marjono beserta para guru dan pengelola perpustakaan SMK N3 Wonosari. Dalam sambutannya, Marjono menyampaikan bahwasanya kurikulum 2013 sangat mendukung pengembangan literasi siswa terlebih di era revolusi industri 4.0 saat ini, maka dari itu peran perpustakaan menjadi sangat penting untuk mensukseskan pengembangan literasi tersebut yang tentu saja harus didukung bukan oleh saja oleh pihak sekolah, namun juga oleh pihak keluarga.

Sementara itu, untuk menindaklanjuti kerjasama antara Keluarga Besar Mahasiswa S2 & S3 Manajemen Pendidikan UNY dengan SMK N3 Wonosari, pihak Keluarga Besar Mahasiswa S2 & S3 Manajemen Pendidikan UNY akan memberikan pelatihan pemanfaatan Mendeley sebagai perpustakaan individu dan sebagai media pengelolaan referensi dalam penelitian para guru di SMK N3 Wonosari.

Kemudian rombongan melanjutkan kunjungannya ke PKBM Sembada Wonosari. Dalam kunjungan ini, rombongan diterima oleh Ketua Pengelola PKBM Sembada yaitu Siti Badriyah. Ibu Siti Badriyah menyampaikan pada para mahasiswa cara untuk mengelola PKBM dan cara untuk menjadikan setiap individu agar bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Salah satu kunci agar sukses mengelola PKBM adalah melakukan pendekatan dengan benar kepada masyarakat.

Sementara itu agar setiap individu bermanfaat bagi masyarakat, pertama harus ada kemauan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan harus mampu memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia di sekitar masyarakat yang terkadang tidak mendapatkan perhatian dan dianggap bukan sebagai sumber daya, sebagai contoh sumberdaya sampah yang dapat diolah menjadi pakan ternak dan pupuk tanaman. Sebagai penutup, rombongan didampingi Siti Badriyah menuju Taman Wisata Air Terjun Sri Gethuk untuk melakukan penanaman pohon pelindung sebagai bentuk partisipasi keluarga besar S2 & S3 Pascasarjana UNY terhadap kelestarian lingkungan. (sug/ant)

 

submitted by humas