TAWARAN KERJASAMA DARI AGENCE UNIVERSITAIRE DE LA FRANCHOPONIE, PRANCIS

13
Jun
2013

Nama Universitas Negeri Yogyakarta semakin dikenal di tingkat nasional, bahkan internasional. Salah satu bukti nyatanya adalah semakin banyaknya institusi internasional, terutama institusi pendidikan, yang memberikan tawaran kepada UNY untuk menjalin kerja sama dalam bidang akademik. Salah satu institusi yang memberikan tawaran tersebut adalah Agence Universitaire de la Francophonie (AUF), Prancis, yang melakukan kunjungan di UNY pada Kamis (30/5/2013).

Kunjungan yang diwakili oleh Mr. Olivier Garro, Direktur AUF tersebut diterima oleh Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY, Dr. Eng. Satoto Nayono, M.A., M.Sc. Agenda kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Dra. Alice Armini, M. Hum., selaku Koordinator Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY dan Nur Insani, M.Sc. selaku Sekretaris Bidang Internasionalisasi Civitas Academica KUIK UNY.

Dalam paparannya, Mr. Olivier Garro memperkenalkan AUF sebagai sebuah institusi pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah komunitas akademik internasional kebahasaan Prancis yang menelaah dan menyalurkan ilmu dan pengetahuan, khususnya yang berkaitan dengan Bahasa Prancis. Institusi ini berdiri pada tahun 1989 dan berupa sebuah jejaring 739 institusi pendidikan dari sebanyak 94 negara di seluruh belahan dunia. Untuk tergabung dalam jejaring ini, seluruh calon anggota harus memenuhi syarat-syarat khusus untuk meyakinkan kualitas universitas atau institusi pendidikan tersebut.

“Syarat sebuah universitas untuk bergabung dengan AUF antara lain, universitas tersebut dikenal oleh pemerintah, mempunyai Jurusan Bahasa Prancis, dan sebagainya. Sementara untuk Universitas Negeri Yogyakarta ini, sudah memenuhi seluruh kriteria yang ada,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Eng. Satoto berpendapat bahwa AUF merupakan sebuah institusi yang tepat untuk bekerja sama dengan UNY karena dengan menggandeng institusi ini akan terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan, antara lain penyelenggaraan staff exchange, student exchange, dan guest lecturing, serta pemberian beasiswa. Untuk itu, pihak KUIK UNY akan menelaah lebih lanjut dengan mencoba memahami institusi ini secara lebih mendalam. Semoga semakin banyaknya kerjasama antara UNY dengan beragam institusi, baik dalam maupun luar negeri, akan berhasil mengantarkan UNY menjadi sebuah universitas kelas dunia. (tw)

Share it now!
submitted by nurhadi