TERUSLAH BELAJAR, MILIKILAH JIWA PROFESIONAL DAN BERKARAKTER

1
min read
A- A+
read

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta

Itulah pesan yang disampaikan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, pada acara Upacara Wisuda Periode I Tahun Akademik 2021/2022, diselenggarakan pada, Sabtu, 28 Agustus 2021 dilaksanakan dari tempat tinggal masing-masing melalui media Zoom Meeting dengan host di Auditorium UNY. Hadir secara luring di Auditorium diantaranya Rektor, Wakil Rektor, Senat Universitas, dan tamu undangan yang sangat terbatas jumlahnya.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan menyelesaikan studi kepada para wisudawan/wisudawati beserta para orangtua/wali atau pimpinan lembaga yang telah mengirim para staf atau utusan daerahnya untuk studi lanjut di UNY. Semoga semua  gelar akademik yang diraih serta ilmu pengetahuan, keterampilan, dan  kompetensi yang telah diperoleh membawa manfaat bagi para wisudawan, keluarga, bangsa dan negara Republik Indonesia tercinta.

Selanjutnya, Sumaryanto menyampaikan, “Dari lubuk hati yang dalam, saya sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh wisudawan/wisudawati beserta para orangtua/wali  atau pimpinan lembaga karena wisuda periode ini masih kita laksanakan melalui virtual mengingat penyebaran Covid-19 di Indonesia dan di Yogyakarta sedang meningkat tajam. Kami menyadari sepenuhnya bahwa keselamatan dan kesehatan bagi para wisudawan/wisudawati, para orangtua/wali, dan seluruh sivitas akademika UNY serta tenaga kependidikan menjadi hal yang harus diutamakan agar kita semua terhindar dari Covid-19.”

“Atas nama pimpinan dan keluarga besar UNY, saya menyampaikan banyak terima kasih kepada para orangtua atau wali mahasiswa dan Pimpinan Lembaga, yang telah memberikan kepercayaan kepada UNY untuk mendidik putra-putri dan staf Bapak/Ibu, dengan memberikan dukungan sepenuhnya selama proses pendidikan, sehingga pada saat ini para lulusan UNY dapat mengikuti wisuda yang menandai selesainya studi di UNY. Kami mohon maaf, jika dalam melayani putera-puteri dan staf Bapak/Ibu ada kekurangan dan kekhilafan,” Rektor mengakhiri pidatonya.

“Saya ingin mengajak saudara berterima kasih kepada orang-orang yang mendukung dalam meraih gelar akademis ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat telah menyelesaikan  pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, teruslah belajar, milikilah jiwa profesional dan berkarakter sehingga berkontribusi bagi kepentingan keluarga, masyarakat, lembaga, bangsa, dan negara. Semoga Allah SWT memberkati dan mengabulkan doa kita semua. Aamiin YRA.

Pada wisuda periode ini diikuti oleh 1.250 orang dengan rincian: 15 orang Program Doktor, 166 orang Program Magister, 943 orang Program Sarjana, dan 126 orang Program Diploma. Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 208 orang, Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 216 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  sebanyak 215 orang, Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 142 orang, Fakultas Teknik sebanyak 209 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 105 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 126 orang, dan Pascasarjana sebanyak 29 orang.

Berdasarkan predikat yang dicapai oleh para wisudawan, dari 1.250 orang wisudawan terdapat 758 orang atau 60,64% wisudawan meraih predikat summa cum laude (dengan pujian tertinggi) dan cum laude (dengan pujian). Satu orang berpredikat summa cum laude dari Program Magister. Sedangkan 757 berpredikat cum laude dirinci sebagai berikut: 8 orang dari Program Doktor, 104 orang Program Magister, 579 orang Program Sarjana, dan 66 orang Program Diploma. (Sud).