TIGA MAHASISWA UNY WAKILI DIY DI PADUAN SUARA GBN 2019

1
min read
A- A+
read
TIGA MAHASISWA UNY WAKILI DIY DI PADUAN SUARA GBN 2019

Tiga mahasiswa UNY yang terdiri dari Arief Pandu Prakoso Utomo (Pendidikan Musik 2016), Agnes Harmi Prihantini (Pendidikan Musik 2015), dan Thomas Dedi Suryo Nugroho (Pendidikan Musik 2015) berhasil lolos mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2019. Audisi dilaksanakan di Dinas Kebudayaan Yogyakarta pada Selasa (16/06/2019). Para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti upacara kemerdekaan Republik Indonesia di istana negara pada 17 Agustus 2019 sebagai tim paduan suara nasional.

“Masing-masing provinsi diambil empat orang, dua laki-laki dan dua perempuan, masing-masing mewakili  suara sopran, alto, tenor dan bass,” kata Arief pada Sabtu (13/07/2019). Setelah dinyatakan lolos audisi, ketiga mahasiswa tersebut akan mengikuti karantina selama 20 hari di Jakarta. “Proses karantina mulai tanggal 31 Juli sampai 19 Agustus 2019,” tambah Arief.

Saat ditanya mengenai proses latihan, Arief menerangkan bahwa biasanya Ia latihan per bagian. “Biasanya tahap pertama itu latihan per bagian, misalnya suara sopran dengan sopran, alto dengan alto, tenor dengan tenor dan bas dengan bas. Setelah melewati tahap tersebut, kita baru bergabung latihannya. Tahap terakhir baru latihan bersama orkestra yang akan mengiringi,” tutur Arief.

Saat diwawancarai melalui pesan elektronik, Arief dan kawan-kawan tengah mengikuti acara 7th World Youth and Children’s Choir Festival 2019 di Hongkong, sebuah lomba paduan suara tingkat internasional. “Mohon doanya ya,” tutupnya di akhir wawancara. (Muhammad Abdul Hadi/JK)