TIM KARNAVAL FT PERTAHANKAN GELAR JUARA KARNAVAL JOGJA FASHION WEEK

4
Sep
2017

Tim Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mempertahankan gelar Juara Karnaval dalam Jogja Fashion Week (JFW) Minggu (27/8-2017). Gelar ini merupakan yang ketujuh diraih oleh Tim Karnaval UNY. Bersaing melawan sekitar 30 tim peserta karnaval baik dalam maupun luar Yogyakarta seperti komunitas Didi Nini Thowok, Jember, Solo, Malang, Salatiga, Banyuwangi, pada akhirnya, berdasarkan penilaian juri saat karnaval di Jalan Malioboro diperoleh 6 nominasi juara yang selanjutnya dibawa menuju Jogja Expo Centre (JEC) untuk dipertunjukkan di atas stage Jogja Fashion Week.

Secara detail keputusan tim juri adalah Juara 1 adalah Tim Karnaval FT UNY, Juara 2 diraih Sanggar RnB, dan Juara 3 untuk Sanggar Pincuk Solo.

Afif Ghurub Bestari, M.Pd., pembimbing tim menuturkan bahwa pada JFW 2017 ini, tim Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengusung sebuah konsep busana yang terinspirasi dari cerita rakyat Bali, yakni Layonsari Jayaprana.

Cerita Layonsari Jayaprana sendiri adalah adalah cerita yang mengisahkan tentang pengorbanan nyawa Layonsari demi cintanya kepada Jayaprana. “Konsep ini merepresentasikan sebuah cerita rakyat atau legenda yang diwujudkan dalam kostum karnaval, sebagai bentuk semangat yang terus menyala untuk melestarikan dan menjaga budaya bangsa. Tokoh dalam legenda tersebut yang diwujudkan dalam bentuk kostum karnaval adalah Layonsari, Jayaprana beserta raja dan para pengawalnya,” jelasnya.  

Afif menambahkan, dalam proses pembuatan busana karnaval banyak menggunakan kain tenun Bali dan lurik Jogja. “Guna memperkuat kesatuan penampilan, dimunculkan juga gerak tari Bali beserta gamelan pengiringnya, serta para wanita membawa gebogan atau rangkaian buah, kue dan bunga yang disunggi di kepala,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai proses pembuatan, Afif menjelaskan bahwa pembuatan  kostum memerlukan waktu sekitar 1,5 bulan. Kostum karnaval merupakan karya dari para mahasiswa dari berbagai lintas jurusan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, yang tergabung dalam  keanggotaan Tim Karnaval FT UNY. (Afif Ghurup) 

 

submitted by humas