TIM KARNAVAL FT UNY JUARA FAVORITE PADA SEMARAK BUMIKU PACITAN PARADISE OF JAVA 2019

1
min read
A- A+
read

UKMF Karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dinobatkan sebagai Juara I Katagori Favorite dalam Pacitan Art dan Creative Festival (Pace Fest) Semarak Bumiku Pacitan Paradise of Java 2019 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke-274 bulan lalu. Afif Ghurub Bestari, M.Pd., selaku pembimbing tim karnaval Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjelaskan bahwa dalam event ini timnya mengkreasi Narendaring Pace Ginaris. “Konsep ini merepresentasikan keperwiraan seorang Narendra atau Raja Imajiner yang mengenakan busana batik pace serta lurik,” terangnya.

“Motif garis menunjukkan keteguhan hati dan kelurusluhuran budi pekerti seorang raja, sedangkan motif pace menggambarkan bahwa kostum ini dibuat dan dikenakan sendiri oleh putra Pacitan,” imbuh Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ini.

“Kemudian dalam implementasinya kostum tersebut dikombinasi dengan berbagai bahan pendukung guna memunculkan kesan grande dari sebuah kostum karnaval,” tambah Afif.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan sendiri dalam Pace Fest ini menyelenggarakan berbagai acara untuk mewadahi berbagai sub sektor ekonomi kreatif mulai dari kriya, pertunjukan, desain, fashion, kuliner fotografi dan lain-lain dengan tujuan menunjang sektor pariwisata Pacitan melalui ekonomi kreatif.

Berdasarkan informasi dari Humas Pemkab Pacitan yang diperoleh Pacitanku.com, ada 35 kegiatan yang akan digelar dalam kurun waktu lebih dari satu bulan tersebut. Adapun beberapa agendanya adalah lomba penulisan Manuskrip atau esai tentang Sejarah Pacitan, Pacitan Fisheries 2019 BUMP, Dagelan Santri Melenial dan Kontes lomba burung berkicau.

Selain itu ada juga sejumlah agenda Seminar Nasional MGMP Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Pacitan. (hryo)