TIM ROBOT UNY BAWA PULANG 3 PIALA DI AJANG KONTES ROBOT INDONESIA TINGKAT NASIONAL

1
min read
A- A+
read
TIM ROBOT UNY BAWA PULANG 3 PIALA

Kontes Robot Indonesia merupakan ajang perlombaan robot karya anak bangsa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini dilaksanakan pada tingkat regional dan nasional. Pada kesempatan kali ini Sabtu dan Minggu, 22-23 Juni 2019, Tim Robotika UNY turut berlaga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat Nasional  yang meliputi seluruh universitas di Indonesia. KRI 2019 Regional kali ini diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Tim Robotika UNY mempertandingkan 6 Divisi lomba pada KRI 2019 Tingkat Nasional, diantaranya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI Humanoid), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPAI Berkaki), dan divisi baru Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) dengan tema perlombaan robot penanam padi. Dalam pertandingan kali ini Tim Robotika UNY berhasil memperoleh beberapa juara, diantaranya, Juara 2 divisi KRAI dengan nama tim MAESTRO_EVO, Juara 2 divisi KRTMI dengan nama tim ABHINAYA,  dan Juara Harapan 1 divisi KRSBI Humanoid dengan nama tim AL-AADIYAT.

Walau mengalami penurunan prestasi karena tidak dapat mempertahankan juara pada divisi KRSTI dan KRSBI Beroda seperti tahun-tahun sebelumnya, ketiga divisi di atas berhasil meningkatkan kemampuan mereka karena telah berhasil memecah rekor juara nasional yang belum didapat dari tahun sebelumnya.

Prestasi yang diperoleh masing-masing tim tentunya bukanlah suatu hal yang instan. Terdapat kerja keras dan pengorbanan yang besar dari masing-masing anggota tim, mulai dari kerja lembur hingga merelakan untuk tidak mudik ke kampung halaman saat masa libur kuliah. Julizar Handi Wijaya, Ketua Umum Robotika UNY 2019 mengatakan, "Hasil yang kami peroleh tentunya tidak lepas dari kerja keras anggota tim, baik tim teknis maupun managerial. Tentunya dengan bantuan dari pihak kemahasiswaan dan birokrasi Universitas Negeri Yogyakarta". Dukungan dari Pak Sutrisna Wibawa, M. Pd. selaku rektor dari Universitas Negeri Yogyakarta yang mendukung langsung para tim dengan hadir pada acara Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional juga merupakan kebanggaan tersendiri untuk tim Robotika UNY karena dapat mengharumkan nama UNY langsung di depan para petingginya. (silvia ramadhani)