TIM TTG RESTEK MERAIH JUARA HARAPAN 1 DALAM MECHAMOTION 2017

20
Apr
2017

Tim Teknologi Tepat Guna UKM Rekayasa Teknologi yang terdiri dari Achmad Ikhwansyah (Pendidikan Teknik Mesin), Adhe Herlambang (Teknik Mesin), dan Febrian Nur Hidayat (Pendidikan Teknik Mesin) berhasil meraih juara harapan 1 Lomba Mechanical Modelling Competition (MECHAMOTION) 2017 yang diadakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (13-15/4).

Lomba Mechanical Modelling Competition 2017 diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Perlombaan ini merupakan suatu ajang kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia. Lomba Mechanical Modelling Competition pada tahun ini mengusung tema `Innovative Ideas for Paddle Wheel Aerator to Optimize Fisheries Product`. Lomba ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap desk evaluation pada babak penyisihan dan tahap presentasi pada babak final. Kompetisi ini berhasil menyisihkan 5 finalis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia, antara lain Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan 2 finalis dari Politeknik Manufaktur Bandung.

Dalam kompetisi tersebut, Tim Teknologi Tepat Guna UKM Rekayasa Teknologi UNY (TTG Restek)  berhasil meraih juara harapan 1 dengan mengusung karya berjudul `MISS – O2 (Modification Impeller for Optimizing Dissolved Oxygen): Modifikasi Kincir untuk Memaksimalkan Pelarutan Oksigen`. MISS – O2 merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan petani tambak udang di Indonesia terkait produksi udang. Hal ini dikarenakan tingkat kadar oksigen di tambak masih belum optimal, sehingga menghambat pertumbuhan udang. Oleh karena itu, rancangan MISS – O2 diharapkan dapat melarutkan dan mengoptimalkan proses pelarutan oksigen. (Ikhwan)

 

submitted by humas