TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN PUBLIC SPEAKING, UKMF PENELITIAN SCREEN GELAR STUDIUM GENERALE

29
Mar
2019

Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis dan public speaking, pengurus UKMF Penelitian SCREEN gelar Studium Generale dengan mengusung tema “Preparing Your Success with Creative Writing Skills and Public Speaking”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Ki Hadjar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada hari Sabtu (23/3/2019). Studium generale ditujukan bagi pengurus UKMF Penelitian SCREEN periode 2019.

Ketua UKMF Penelitian Screen FIS UNY, Luqman Hakim, menjelaskan bahwa kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan III FIS, Drs. Muhamad Nur Rokhman, M.Pd. Selanjutnya pemaparan materi pada sesi pertama disampaikan oleh dosen Program Studi Ilmu Sejarah FIS, Muhamad Yuanda Zara Ph.D. Dalam kesempatan tersebut Yuanda Zara menyampaikan pengalaman menulis artikel serta teknik penulisan hingga teknik publikasi secara jelas dan komprehensif.

“Pemateri kedua yakni mahasiswa Administrasi Publik FIS UNY, Nadiyah Salsa Billah, yang secara menarik mendiskusikan tips trik penulisan esai. Pada sesi ini, pemateri juga mendiskusikan esai yang telah dikumpulkan sebelumnya oleh para pengurus UKMF Penelitian SCREEN dan selanjutnya esai tersebut mendapatkan pengarahan, perbaikan, serta submit ke lomba esai” jelas Luqman

Sesi terakhir studium general, lanjut Luqman, yaitu sesi Public Speaking. Pemateri pada sesi ini adalah Khabib Anwari, salah satu mahasiswa UNY. Penyampaian materi public speaking khas mahasiswa dikemas dengan apik dan menarik oleh Khabib Anwari dan dilengkapi dengan motivasi untuk berani berbicara melalui gaya penyampaian yang partisipatif dan kreatif.

“Kegiatan ini diharapkan mampu membekali pengurus UKMF Penelitian SCREEN 2019 dengan kemampuan menulis dan public speaking sehingga para pengurus dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Selain itu, dengan meningkatnya keterampilan menulis serta public speaking pengurus UKMF Penelitian SCREEN diharapkan dapat menjadi virus positif yang berdampak luas kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial pada umumnya.  Kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi pengurus dalam mengikuti berbagai perlombaan baik kepenulisan maupun public speaking sehingga dapat meningkatkan prestasi FIS UNY” tutupnya (Eko)

submitted by humas