TINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL, HIMA PENDIDIKAN GEOGRAFI ADAKAN GEOGRAFI MENGAJAR

1
min read
A- A+
read

TINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL, HIMA PENDIDIKAN GEOGRAFI ADAKAN GEOGRAFI MENGAJAR

Mahasiswa yang terkabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNY lakukan pengajaran pada anak-anak di Kalasan Anak Alam (Kalam) setiap hari Minggu pukul 09.00-11.00. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi dan terbuka untuk umum berlokasi di Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Program pengajaran tersebut merupakan program kerja tahunan Hima Pendidikan Geografi.

Dari total delapan pertemuan yang diagendakan telah terlaksana program pengajaran ke tiga per 20 September 2019. Delapan belas orang tergabung dalam program pengabdian tersebut. “Kalau tentor ada 18 orang dari anggota hima dan non hima, terus kalau yang lain mau ikut boleh banget Mbak”, Kata Aulia Atalla,Mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2018.

Ia mengatakan tujuan dari program kerja ini untuk mewadahi mahasiswa Pendidikan Geografi dalam meningkatkan kepedulian sosial sebagai wujud penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan memasyarakatkan ilmu geografi.

Geografi mengajar merupakan program kerja tahunan yang diadakan di sekolah-sekolah negeri. Namun tahun ini agenda tersebut diadakan di Komunitas Kalasan Anak Alam dan bukan di sekolah formal. “ Karena SDM yang belum memadahi untuk mengajar SMA kita mengalihkan ke tempat yang lain, terus waktu rapat kerja dari awal ditantang sama alumni untuk mengajar di komunitas dan kita menerima tawarannya”, Pungkasnya. (Latifah Dian Azhari/JK)