TRI UTAMI MAHASISWA FMIPA MERAIH HONORABLE MENTION

27
May
2011

Tri Utami, mahasiswa jurusan pendidikan Biologi Fakultas MIPA UNY berhasil meraih honorable mention dalam Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Bandung 28 April hingga 2 Mei 2011 lalu. Keberangkatan ke Bandung didampingi oleh dosen jurusan fisika FMIPA UNY Dr. Brams Sunu Dwandaru dan teman-temannya para mahasiswa FMIPA UNY lainnya, Nabih Ibrahim Bawazir (matematika), Nurul Husnah Mustika Sari (pendidikan matematika), Elisabeth Pratidina (pendidikan fisika), Nur Indah Wardani (pendidikan kimia) dan Tri Utami (pendidikan biologi).

Mahasiswa ber-IPK 3,91 ini berhasil mendapatkan honorable mention setelah menyisihkan 200 peserta lain dari jurusan matematika, fisika, kimia dan biologi dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta se-indonesia yang terbagi atas 12 wilayah. Sebelumnya, Tri pada ON MIPA –PT tingkat regional wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  berhasil mendapatkan juara harapan III. Ketika ditanya persiapan sebelum mengikuti ONMIPA ini,  gadis asal Kroya yang lahir 24 September 1991 ini mengatakan  persiapan sebelum mengikuti ONMIPA regional DIY ditraining selama 4 hari dalam rentang 2 minggu,  sedangkan untuk tingkat nasional bimbingannya lebih fleksibel dan dapat menghubungi dosen pembimbing jika ada kesulitan” lanjutnya.

Menurut Dr Brams, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) sebagai bagian untuk mempersiapkan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa yang mulai dirintis pada tahun 2009 dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika. Mulai tahun 2011 bidang yang dilombakan mencakup Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 50 mahasiswa terbaik dan Tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 25 mahasiswa terbaik. “Dua puluh mahasiswa terbaik tingkat nasional ini memperebutkan 4 medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu dan 5 honorable mention , jelasnya. (deddy/ls)

submitted by humas