TUMBUHKAN NASIONALISME SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIKUMBANG

11
Jan
2019

Untuk mempermudah pemahaman siswa kelas VIII SMP tentang materi pelajaran Memperluas Wawasan Komitmen Kebangsaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang terdiri dari Nadia Purwaningsih, Chatrina Galuh Prmesti, Primadani, Nurullaila Indrianingrum, Dwi Wahyudi, dan Bayu Kurniawan kembangkan media pembelajaran Sikumbang (Semangat Komitmen Kebangsaan).

Menurut Nadia Purwaningsih, media pembelajaran ini menggunakan wayang sebagai alat peraga dalam mendemonstrasikan isu-isu sesuai dengan materi semangat dan komitmen kebangsaan. Media ini dipilih karena wayang merupakan warisan budaya khas Indonesia yang merupakan interpretasi nilai-nilai luhur para leluhur bangsa Indonesia. Dengan menggunakan wayang sebagai alat peraga dalam memaparkan materi kepada peserta didik, diharapkan peserta didik lebih tertarik dan fokus dalam memahami materi Semangat dan Komitmen Kebangsaan Indonesia. Selain itu, lanjut Nadia, peserta didik dapat mengenali warisan leluhur bangsa Indonesia sehingga secara tidak langsung jiwa nasionalisme muncul dalam diri mereka, dengan begitu diharapkan peserta didik akan mampu mencintai dan melestarikan warisan budaya wayang.

“Kelebihan media pembelajaran ini antara lain dapat mengangkat kearifan lokal (wayang), pesan atau isi cerita dapat mudah dipahami peserta didik, meningkatkan konsentrasi menyimak peserta didik, memotivasi peserta didik agar semangat belajar PKn, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dalam pembelajaran, memberi inovasi dalam pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh atau bosan, alat peraga dapat dipakai lebih dari satu kali dan dapat diterapkan dalam berbagai Materi” jelas mahasiswa PKnH angkatan 2016

Nadia menambahkan, media ini diterapkan dengan menggunakan metode home visit dimana siswa berkunjung ke kelompok lainnya, kemudian mereka disambut dan dijelaskan materi oleh kelompok yang sedang presentasi. Adapun langkah penggunaan media yaitu guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab atau problem solving mengenai semangat dan komitmen kebangsaan pendiri negara, guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai, guru mempersiapkan peralatan untuk pertunjukan wayang, guru mulai memaparkan cerita tentang isu- isu mengenai semangat dan komitmen kebangsaan pendiri negara menggunakan media wayang, peserta didik memperhatikan dengan sesame, Peserta didik menarik kesimpulan serta menceritakan kembali secara ringkas. (Eko)

Tags: 
submitted by humas