TUMBUHKAN RASA NASIONALISME, UNY LAKSANAKAN APEL PAGI

1
min read
A- A+
read

TUMBUHKAN RASA NASIONALISME, UNY LAKSANAKAN APEL PAGI

Nasionalisme adalah roh yang menggerakkan semua elemen masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tetapi, apalah jadinya negara ini, jika semangat nasionalisme tidak lagi melekat didalam sanubari anak bangsa; apapun status sosial dan ekonominya. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia, serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Aparatur Sipil Negara, Menpan RB mengeluarkan surat edaran  Himbauan Pelaksanaan Apel Pagi Nomor B/81/M.KT.00/2021 tanggal 14 Juni 2021.

Demikian juga dengan Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan kampus yang cinta tanah air, selalu taat pada ideologi Pancasila dan UUD 1945 patuh melaksanakan surat edaran tersebut dengan menggelar Apel Pagi.

Pagi ini, Senin (2/8) di hall Rektorat UNY, dengan protokol kesehatan yang ketat, Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. selaku pembina apel menyampaikan  tiga hal, yang pertama, “Akhir-akhir ini UNY telah mempunyai kualifikasi yang representatif karena sekian banyak dosen dan tendik berkenan melanjutkan studi lanjut. Itu tanda spirit untuk tetap istiqomah mengimplementasikan tidak mengikat dimensi waktu dan ruang”. Point kedua, tentang motivasi peningkatan SDM terutama bagi dosen untuk memperhatikan proses kenaikan pangkatnya. Sedangkan yang ketiga, “Mari kita pastikan kampus yang bersih dan nyaman ini dipertahankan, dan mohon supaya tetap jaga prokes. Kalau Bapak/Ibu penderita PUSKESMAS (Pusing , Kesel, Masuk Angin) istirahat saja,” Rektor mengakhiri sambutannya.

Karena di masa Pandemi Covid-19 lebih-lebih dengan diberlakukan PPKM, apel pagi bagi pegawai UNY dilaksanakan secara luring dan daring. Secara luring hanya diikuti pimpinan dan beberapa staf yang piket melaksanakan tugas-tugas kedinasan  bekerja di kantor, sementara itu peserta lain yang bekerja dari rumah melaksanakan apel pagi melalui daring. Tampak pada pelaksanaan apel, pada saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan seluruh pejabat dan pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (bekerja dari kantor) maupun yang bekerja dari rumah melalui daring, semuanya berdiri tegak dengan sikap hormat.

Di samping melaksanakan apel pada hari Senin, pegawai UNY diwajibkan untuk  mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada hari Selasa dan Kamis pada pukul 10.00 WIB, dan membaca naskah Pancasila pada hari Rabu dan Jum’at pada pukul 10.00 WIB. Hal ini diperkuatkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Rektor No. 27/SE/2021 tertanggal 29 Juli 2021. (Sud)