UAD SILATURAHMI KE UNY UNTUK MEMPERKUAT KERJA SAMA

1
min read
A- A+
read

UAD SILATURAHMI KE UNY

Rektor Universitas Ahmad Dahlan, Dr. Muchlas, M.T., didampingi para Wakil Rektor UAD yaitu Wakil Rektor Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum, serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, bersilaturahmi ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 4 Agustus 2020.

Kedatangan pimpinan UAD tersebut disambut hangat oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, yang didampingi oleh segenap jajaran wakil rektor, Ketua LPPM, Ketua LPMPP, serta Kepala Biro Akademik kemahasiswaan dan kerja sama serta Kepala Biro Umum perencanaan dan Keuangan.

"Untuk semakin maju dan berkembang, kerja sama sangat diperlukan. Tidak mungkin suatu instansi bisa maju sendiri," kata Rektor UNY.

Menanggapi sambutan Rektor UNY, Dr. Muchlas, M.T. menyampaikan maksud silaturahmi ini untuk memperkuat kerja sama yang selama ini telah terjalin. Sharing strategi dalam pelaksanaan pendidikan pada masa pandemik covid-19 ini turut dibahas, termasuk keluhan mahasiswa dalam pelaksanaan kuliah daring selama masa pandemi Covid-19.  Dr. Muchlas, M.T.  juga menyambut baik tawaran Prof. Dr. Sutrisna Wibawa untuk berkolaborasi dalam penulisan jurnal.

Dr. Norma Sari, S.H., M. Hum., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UAD, terkesan dengan upaya UNY dalam peningkatan SDM melalui peningkatan pendidikan dosen serta percepatan guru besar di UNY.  Beliau berharap UNY dapat berbagi terkait strategi penguatan SDM tersebut.

"UNY memiliki tim khusus untuk percepatan dan peningkatan jumlah guru besar. Selain itu, para dosen juga didorong untuk segera lanjut studi sehingga rasio dosen lulusan S3 semakin besar," papar Prof. Dr. Sutrisna Wibawa.
Prof. Margana, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, menambahkan bahwa pendampingan dan pelatihan untuk penulisan jurnal internasional juga dilakukan. Selain selalu berupaya untuk mengingatkan dan memotivasi para dosen untuk meningkatkan kompetensi, insentif untuk penelitian dan reward bagi dosen yang memiliki jurnal internasional juga diberikan. Greteh  merupakan kunci untuk mendorong hal itu semua, tambah Sutrisna.

Kedepan kerja sama yang selama ini telah terjalin melalui unit pelaksana di UNY dan UAD, diharapkan dapat terjalin lebih baik. Oleh karena itu, Nota kesepahaman antara UNY dan UAD yang mencakup hal lebih luas diharapkan dapat terealisasi untuk memayungi dan mendukung setiap kerja sama yang akan dilaksanakan. Pada akhir diskusi, kedua belah pihak sepakat bahwa potensi kerja sama yang telah dibahas atau kerja sama lain diharapkan dapat terealisasi melalui komunikasi antar wakil rektor dan unit pelaksana sebagai tindak lanjut setelah pertemuan ini.(Aji)