UKM PENELITIAN UNY SELENGGARAKAN PELATIHAN SPSS

9
Apr
2019

UKM Penelitian UNY selenggarakan kegiatan pelatihan software SPSS dengan menghadirkan trainer yang ahli dalam bidang olah data statistik dan merupakan salah satu dosen Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY), Drs. Supriyanto, M.M pada hari Sabtu (6/4/2019) di gedung Student Center (SC) UNY.

Pelatihan SPSS merupakan salah satu pogram kerja UKM Penelitian UNY dibawah naungan Bidang 3 Kewirausahaan. Kegiatan pelatihan SPSS ini muncul akibat dari kebutuhan tentang pengolahan data. Sebagai Unit Mahasiswa Penelitian, sudah seharusnya untuk dapat melakukan olah data risetnya dan juga dapat memberikan fasilitas kepada kawan-kawan lain yang ingin belajar dalam mengolah data menggunakan software SPSS.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Pembina UKM Penelitian UNY, Bapak Pujianto, M.Pd. “SPSS ini tidak hanya digunakan untuk mengolah data skripsi saja. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan software ini. Olah data skripsi merupakan salah satu contoh kecil saja dalam penggunaan SPSS”, jelasnya.

Drs. Supriyanto, M.M mengatakan bahwa permasalahan-permasalahan dapat diselesaikan dengan software. Software ini tidak hanya digunakan sebagai olah data saja melainkan dapat digunakan untuk meramalkan atau memprediksi kejadian secara kompleks. “Beranikah kita membuat model yang kompleks? Sangat berani. Tujuannya agar ketika kita kembalikan ke dunia nyata dengan realita kompleks tadi dekat dengan realita. Apalagi kita menggunakan software tadi untuk peramalan” ungkapnya.

Pelatihan SPSS dilengkapi dengan fasilitas seperti konsultasi langsung dengan trainer secara gratis, modul ekslusif gratis, dan juga pemandu selama jalannya kegiatan. Kegiatan pelatihan SPSS ini dibuka untuk umum tidak hanya terbatas pada keluarga UKM Penelitian dan juga mahasiswa UNY saja. Beberapa dari peserta merupakan mahasiswa luar UKM Penelitian dan luar UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh 28 peserta dari berbagai program studi yang berbeda.

Ketua pelaksana pelatihan SPSS, Vina Mathlaul berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan kedepannya setelah diadakan pelatihan software ini, para peserta dapat mengolah data dan membuka jasa konsultasi tentang SPSS. “Bisa bermanfaat terus bisa juga membuka konsultasi atau membuka olah data”, pungkasnya. (Kristina)

Tags: 
submitted by humas