UNY AKAN PASTIKAN PENERIMA BIDIK MISI TIDAK SALAH SASARAN

1
Jun
2011

Universitas Negeri Yogyakarta akan memastikan penerima Bidik Misi  adalah mahasiswa yang berprestasi dan memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi. Tim UNY akan melakukan verifikasi dengan mengunjungi satu persatu mahasiwa penerima Bidik Misi untuk memastikan bahwa beasiswa tepat sasaran. Demikian sambutan Rektor UNY,  Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.pada pengarahan dan verifikasi data bagi mahasiswa baru UNY melalui Jalur Undangan Bidik Misi, Rabu (1/6) di Auditorium UNY.  Sehari sebelumnya verifikasi juga dilakukan bagi mahasiswa peserta Jalur Undangan Prestasi Akademik.

Lanjut Rektor, para mahasiswa penerima bidik misi ini akan dibebaskan dari biaya kuliah dan mendapatkan uang saku 600 ribu tiap bulan selama 8 semester. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat mencapai target untuk selesai kuliah kurang dari 4 tahun. Lanjut Rektor, bagi mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi yang tidak hadir pada pengarahan  akan ditunggu sampai hari ini. Kuota yang kosong akan dialihkan pada calon mahasiswa yang kurang mampu  yang ikut seleksi SNMPTN ujian tulis (utul) . “Berdasarkan data yang masuk sementara,  untuk jalur Undangan Prestasi Akademik dari 690 orang yang diterima melalui jalur prestasi, sebanyak 87 orang tidak hadir untuk melakukan verifikasi”,  tambah Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU., A.Pt. menyampaikan jikalau ada mahasiwa penerima bidik misi yang tidak lolos verifikasi karena keadaan ekonominya tidak sesuai dengan yang dilaporkan, maka  akan dicabut beasiswanya. Mereka akan diberi kesempatan  untuk tetap kuliah di UNY tapi dengan syarat  membayar penuh biaya perkuliahan, tegas Prof. Nurfina.

Ketua SNMPTN Panlok Yogyakarta tersebut juga menyampaikan persebaran mahasiswa penerima Bidik Misi UNY jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mayoritas penerima beasiswa Bidik Misi berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, tahun ini merata di seluruh Indonesia karena pendaftarannya dilakukan secara online.
Data terakhir yang diterima redaksi berkaitan dengan jumlah penerima Bidik Misi yang tidak hadir pada pengarahan dan verifikasi hari ini berjumlah 23 orang dari 400 orang yang diterima melalui Jalur Undangan Bidik Misi.  (tustee/ls)

submitted by humas