UNY DITUNJUK MENJADI HOST LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA (LIDM) TAHUN 2020

1
min read
A- A+
read

UNY MENJADI HOST LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA (LIDM) TAHUN 2020

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2020. Kegiatan kompetisi tersebut dimaksudkan untuk mendorong terciptanya Inovasi dan Kreativitas mahasiswa dibidang teknologi digital serta membangun softskill dengan baik. Berdasarkan situasi pandemic COVID-19 di Indonesia, serta hasil pembahasan dengan tim pakar maka kegiatan Final LIDM dilaksanakan secara daring. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara berturut-turut tahun 2019 dan 2020 ditunjuk sebagai tuan rumah. Penyelenggara Final LIDM Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 September 2020, di Gedung Digital Library UPT Perpustakaan UNY.

Berdasarkan rilis dari https://lidm.uny.ac.id/ bahwa Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM 2020) adalah kegiatan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi dan prestasi pada Revolusi Industri 4.0. LIDM tahun 2020 mengusung tema “Indonesia Bangkit”

Saat ditemui di ruang kerjanya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron mengatakan, “sebagai tuan rumah, marilah kita bekerja dengan maksimal, berikan layanan yang terbaik bagi tamu-tamu kita, baik untu juri mapun tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang hebat hebat ini.” Menyinggung tentang keikutsertaan tim UNY, Anik berharap, “Kita harus sukses, sebagai penyelenggara maupun sebagai peserta. Mudah-mudahan kita juga bisa meraih prestasi yang terbaik.”

Pada saat final nanti terdapat 4 divisi lomba yang akan dipertandingkan, divisi I  tentang Inovasi Teknologi Digital Pendidikan yang bertujuan untuk menyalurkan ide dan kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan inovasi multimedia pembelajaran dan inovasi pembelajaran. Divisi II tentang Inovasi materi digital pendidikan dengan tujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam membantu permasalahan UMKM di Indonesia sebagai dampak pandemi Covid-19. Divisi III tentang Kreasi Video Digital Sustainable Development Goals (SDGs) bertujuan untuk mengembangangkan potensi mahasiswa di bidang seni terutama pada bakat - bakat paduan suara dan vokal grup, sastra, dan musik. Dan divisi IV tentang Kreasi Poster Digital Penghormatan Gender, lomba ini bertujuan untuk mengembangangkan potensi mahasiswa di bidang olahraga terutama dalam hal senam. Masing-masing divisi hanya akan diikuti 21 tim saja.

Dari 21 tim masing-masing divisi tersebut, merupakan hasil dari seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Untuk devisi I Inovasi Teknologi Digital Pendidikan terdapat 135 tim, divisi Inovasi materi digital pendidikan semula diikuti 143, Kreasi Video Digital Sustainable Development Goals (SDGs) diikuti 233 tim, dan Kreasi Poster Digital Penghormatan Gender diikuti 522 tim yang mengikuti seleksi. Sedangkan daftar perguruan tinggi terverifikasi sejumlah 168 perguruan tinggi.

Tim-tim dari UNY akan berjuang untuk mengikuti semua divisi lomba yang ada, divisi I akan diwakili tim PANORAMA, divisi II akan diwakili tim Real Madrid FC dan WRC Team, Divisi III akan diwakili tim Eureka Team. Sedangkan untuk divisi IV terdapat 4 tim yang akan mewakili UNY, yaitu tim Gens Emas, Nine Ten, Panembahan Maduratna, dan Sobat. (Sud).