UNY KUATKAN KERJA SAMA DENGAN PROPINSI BANGKA BELITUNG

1
min read
A- A+
read

Dalam rangka penguatan kerjasama antara Pemerintah Daerah Propinsi Bangka Belitung dan Universitas Negeri Yogyakarta, yang telah diawali dengan penandatanganan MoU pada tahun 2017, maka diadakan Workshop Penguatan Kerjasama secara daring melalui media Zoom Meeting pada Selasa (24/8) di Sleman.

Pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan, beserta jajaran dinas terkait dari Propinsi Bangka Belitung, disambut oleh para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, serta Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. mengatakan bahwa dalam pertemuan hari ini akan diadakan pertukaran informasi, membuka peluang untuk berkolaborasi dan saling melengkapi. "Karena kita mempunyai jargon bersama kita bisa, bersatu kita maju, bermitra kita juara, untuk penguatan kerjasama, agar kita semua menjadi juara" kata Siswantoyo.

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Drs. Muhammad Soleh, M.M., mengucapkan terimakasih pada UNY atas jalinan kerjasama yang terjalin selama ini. "Diawali dengan MoU pada tahun 2017 dan diperpanjang pada tahun 2021 kita bekerjasama untuk menyiapkan calon pendidik dan peningkatan kualitas guru dengan harapan pendidikan menjadi modal utama generasi milenial" papar Muhammad Soleh. Bangka Belitung mengirimkan 44 mahasiswa untuk berkuliah di UNY dengan jumlah 31 mahasiswa S1 dan 13 mahasiswa S2.

Muhammad Soleh juga menyebutkan beberapa celah kerja sama yang bisa disinergikan dengan UNY yang bersifat esensial. Hal tersebut antara lain, pendampingan olahraga di Sekolah Khusus Olahraga, pendampingan BLUD yakni bahwa SMK di Babel harus bisa menjadi BLUD, pengiriman program mahasiswa KKN/Guru magang ke Provinsi Babel, dan hal ini diperkuat dengan partisipasi aktif dari Bapak/Ibu guru dan tim MGMP yang ikut mengikuti workshop ini.

Dimoderasi oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama, diskusi berjalan dengan sangat produktif dan efisien. Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menawarkan penambahan jumlah penerimaan mahasiswa dengan jalur kerja sama seperti yang sudah berjalan dan diperluas lagi dengan program RPL yang mulai dilaksanakan pada tahun ini. Juga tidak ketinggalan, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof .Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd. sangat mendukung dengan adanya pengiriman mahasiswa yang akan diterjunkan membantu pengembangan potensi yang ada di Propinsi Bangka Belitung ke depannya.

Para Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana UNY juga menyampaikan poin-poin yang bisa ditawarkan sebagai bentuk kerja sama ke depan, baik dalam bidang pendidikan, maupun bidang esensial lainnya. Hal ini sangat disambut baik oleh jajaran dinas pendidikan Propinsi Bangka Belitung, dan akan disampaikan ke Dinas terkait untuk bisa dipertimbangkan sebagai program kerja sama di lain kesempatan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan dalam bidang pendidikan bermutu, mengurangi ketimpangan dan kemitraan untuk mencapai tujuan. (Pras)