UNY TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN DENGAN KEJAKSAAN TINGGI DIY

29
Aug
2017

Dalam rangka peningkatkan kualitas pendidikan dan pemanfaatan sumberdaya, kerja praktek, penelitian serta meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kerjasama tersebut diaplikasikan dalam penandatanganan nota kerja sama (MoU) di antara kedua pelah pihak yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta pada Selasa 29 Agustus 2017. Pendatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dan Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Sri Harijati, SH., M.M., disaksikan pejabat struktural dari UNY dan Kejati.

Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Sri Harijati, SH., M.M. berterimakasih pada UNY atas kepercayaan yang diberikan. “Kerjasama di bidang hukum perdata dan tata usaha negara antara UNY telah terlaksana, seperti pendampingan hukum dalam proyek pembangunan gedung dan pengadaan peralatan yang bersumber dari hibah luar negeri Islamic Development Bank,” kata Sri Harijati. Diungkapkan juga, bahwa UNY merupakan satu-satunya LPTK yang layak menjadi the most promoting university berdasarkan survey Ditjen Dikti tahun 2017. Untuk itu, ke depan akan makin banyak proyek menggunakan sumber dana dari PNBP, APBN dan IDB yang memerlukan legal assistance.

Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan upaya menjalankan sistem pemerintahan yang akuntabel dan transparan. “Dalam proses pengadaan barang dan jasa diperlukan pendampingan dari Kejaksaaan Tinggi,” kata Sutrisna, “bantuan hukum juga diperlukan untuk mengembangkan wawasan bidang hukum.” Harapannya, keberlanjutan bimbingan dapat diimplementasikan dengan lebih baik, yang penting adalah pertanggungjawaban yang  transparan.

Dalam kerjasama ini, UNY dan Kejati DIY sepakat untuk membina kerjasama di bidang hukum perdata dan tata usaha negara meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tata kelola UNY. Namun, apabila diperlukan, ruang lingkup kerjasama tersebut juga dapat diperluas sesuai dengan kebutuhan yang telah disepakati.(Dedy)

Tags: 
submitted by humas