UPACARA DIES NATALIS 56 FT UNY

10
Feb
2017

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta genap berusia 56 tahun pada 06 Februari 2017. Dengan mengusung tema Peran FT UNY dalam Revitalisasi Pendidikan Vokasi, FT UNY terus berkontribusi dalam usaha untuk menjawab tantangan terkait kebutuhan sumber daya manusia siap kerja. Dekan FT UNY, Dr. Widarto dalam laporannya dalam Upacara Dies Natalis 56 FT UNY  di Gedung KPLT FT UNY menuturkan bahwa FT UNY terus berupaya meningkat diri dalam berbagai aspek dan dalam satu tahun terahir beberapa pencapaian telah diraih dengan baik.

“Dalam bidang akademik kami terus berupaya untuk memperpendek masa studi dan meningkatkan rata-rata IPK para lulusan. Selain itu berbagai prestasi baik akademik maupun akademik juga masih terus belimpah pada sepanjang tahun ini seperti Grand Champion World Costume Festival 2016 di Vigan City, Filipina serta Runner Up Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional baik jenjang Sarjana maupun Diploma,” ujar Dekan FT UNY.

“Saat ini jurnal kami, JPTK, juga telah terindeks DOAJ dan jurnal-jurnal di level jurusan juga terus kita dorong untuk lebih produktif,” ungkapnya.

“Jalinan kejasama dengan luar negeri juga semakin kuat, dengan terus mengembangkan sistem PPL dan Praktik Industri Internasional di Malaysia, kemudian sit in mahasiswa di RMUTL-Thailand. Kemarin kami juga mengirimkan 3 dosen untuk menjadi visiting lecturer di Malaysia dan Thailand dan menjadi bentuk pengakuan kepakaran dari para dosen FT UNY di lingkup ASEAN,” tambahnya.

“Kemudian dalam program pengembangan lembaga adalah dengan terus menggodok persiapan Program Studi Program Profesi Insinyur,” papar Widarto.

‘Serta kami terus berupaya untuk memperkokoh jaringan dan jalinan alumni dimana beberapa waktu lalu telah terbentuk Pengurus IKA Komisariat FT UNY yang memiliki perwakilan hingga wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Papua,” tambah Widarto.

Sementara itu, Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd. M.A., dalam sambutannya memberikan selamat atas segala pencapaian yang telah dirah FT UNY sepanjang tahun ini. “Tentu semua itu membutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang banyak sehingga atas nama Universitas saya ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tinggimnya kepada seluruh civitas akademika FT UNY yang telah mengharumkan nama UNY dan bahkan negara di berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional,” ungap Rektor UNY.

Sedangkan orasi ilmiah pada Dies Natalis 53 FT UNY ini disampaikan oleh Guru Besar Pendidikan Teknik Elektro, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., berjudul Peran LPTK dalam rangka Revitaslisasi Pendidikan Vokasi. Guru Besar yang juga pernah menjabat sebagai Ketua BSNP ini menjelaskan bahwa keberadaan LPTK harus lebih baik sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan secara efektif untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas maka revitalisasi perlu dilakukan baik dari segi kelembagaan maupun pengelolaan pembelajaran. (hryo)

Share it now!
Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta genap berusia 56 tahun pada 06 Februari 2017. Dengan mengusung tema Peran FT UNY dalam Revitalisasi Pendidikan Vokasi, FT UNY terus berkontribusi dalam usaha untuk menjawab tantangan terkait kebutuhan sumber daya manusia siap kerja. Dekan FT UNY, Dr. Widarto dalam laporannya dalam Upacara Dies Natalis 56 FT UNY  di Gedung KPLT FT UNY menuturkan bahwa FT UNY terus berupaya meningkat diri dalam berbagai aspek dan dalam satu tahun terahir beberapa pencapaian telah diraih dengan baik." data-share-imageurl="https://www.uny.ac.id/sites/www.uny.ac.id/files/field/image/DSC03693.JPG">
submitted by adminwebuny