WAKIL REKTOR BARU, HARAPAN BARU

3
May
2021

Bertempat di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, hari Senin, 3 Mei 2021 tepat pukul 10.00 WIB dilangsungkan Pelantikan Pejabat Baru dan penyerahan SK rotasi jabatan. Nampak dua jabatan wakil rektor yang dijabat orang baru, yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dijabat oleh Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd., dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama dijabat oleh Prof. Dr. Siswantaya, M.Kes.

Saat dihubungi setelah pelantikan, Pejabat Wakil Rektor yang baru Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd. mengatakan terdapat 5 program unggulan yang menjadi prioritas bidang kemahasiswaan dan alumni. Kelima program unggulan tersebut menurut Lantip adalah, “pertama: Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan pembinaan soft skills mahasiswa baru, yang kedua: Peningkatan prestasi mahasiswa dalam berbagai event nasional  dan internasional dengan optimalisasi peran ORMAWA untuk mendukung prestasi mahasiswa.”

Sedangkan yang ketiga, menurut dosen Fakultas Ilmu Pendidikan adalah, “pembinaan dan pengembangan kegiatan mahasiswa untuk mewujudkan merdeka belajar, dan kampus merdeka (kewirausahaan, proyek kemanusiaan, proyek di desa dan lain-lain.”
”Yang empat: pengembangan sistem layanan kemahasiswaan dan alumni terpadu, dan kelima: peningkatan sinergi antar unit dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk IKA UNY dalam pembinaan kegiatan mahasiswa dan alumni,’ jelas Lantip.

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan Prof. Dr. Anik Ghufron, pejabat lama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni periode sebelumanya menyampaikan bahwa,  “kemahasiswaan dan alumni itu sebagai luaran yang berwujud ouput dari pemeringkatan, itu adalah hasil dari sebuah proses pendidikan yang terjadi di perguruan tinggi. Sebagai faktor determinan output, pendidikan dan pengajaran dan penelitian dilihat dari dimensi kemahasiswaan, disamping ada pandangan yang mengatakan kalau perguruan tinggi itu dilihat dari kinerja kemahasiswaan. Mengurus organisasi kemahasiswaan adalah pekerjaan yang sangat luar biasa, karena mahasiswa masih dalam masa transisi yang mempunyai  keinginan yang tinggi, maka harus pandai-pandai  mengelolanya.”

Selanjutnya, pejabat Wakil Rektor yang baru lainnya adalah Jabatan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama dijabat oleh Prof. Dr. Siswantaya, M.Kes. yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua LPPM. Siswantaya  mengatakan program yang akan dilakukan, “Memperkuat jejaring nasional dan internasional untuk membawa tenar lembagaku sejahtera wargaku.  Tenar lembaga UNY, sejahtera warga UNY, dan perlu perencanaan yang lebih kuat, tepat, akurat, sehingga prinsip efektif dan efisien akan lebih terjamin untuk peningkatan kualitas. Dan mempercepat capaian kinerja dengan  8 IKU yang ada, semoga UNY lebih jaya, dan bisa mewujudkan PTN BH UNY.”

Disinggung tentang program penguatan yang urgent harus dilakukan dosen FIK kelahiran Piyungan 49 tahun yang lalu ini mengatakan, “memperkuat kondisi saat ini adalah optimalisasi potensi SDM yang memiliki  kompetensi dan mampu berdaya saing ditingkat nasional dan internasional. Sehingga kita perlu  memperkuat SDM di masing-masing  lembaga, fakultas, sampai ke unit untuk mengetahui kekuatan masing-masing yang bisa digunakan untuk akselerasi pencapaian dan produktivitas kinerja. (Sud).

 

submitted by humas